Search for collections on Publications

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE QIRAATI (Studi Kasus di TPQ Asy-Syafi’iyah I Pekalongan Batealit Jepara tahun 2016/2017

WAMA ELI MUFIDAH, 131310000882 (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE QIRAATI (Studi Kasus di TPQ Asy-Syafi’iyah I Pekalongan Batealit Jepara tahun 2016/2017. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 131310000882_COVER.pdf]
Preview
Text
131310000882_COVER.pdf - Published Version

Download (972kB) | Preview
[thumbnail of 131310000882_BAB I.pdf] Text
131310000882_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[thumbnail of 131310000882_BAB II.pdf] Text
131310000882_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)
[thumbnail of 131310000882_BAB III.pdf] Text
131310000882_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[thumbnail of 131310000882_BAB IV.pdf] Text
131310000882_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[thumbnail of 131310000882_BAB V.pdf] Text
131310000882_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[thumbnail of 131310000882_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
131310000882_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: mendiskripsikan Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Qiraati di TPQ Asy-Syafi’iyah I Pekalongan Batealit Jepara tahun 2017; mengetahui evaluasi Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Qiraati di TPQ Asy-Syafi’iyah I Pekalongan Batealit Jepara tahun 2017; dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Qiraati di TPQ Asy-Syafi’iyah I Pekalongan Batealit Jepara tahun 2017.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuaitatif (Qualitative Reseach) yang termasuk pada tipe studi kasus dan memusatkan pada pengumpulan data, dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi dengan subyek penelitian adalah kepala sekolah dan ustadzah TPQ Asy-Syafi’iyah I Pekalongan Batealit Jepara. Untuk menghindari kesalahan maka dapat diadakan pemeriksaan keabsahan data dengan teknik perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan diskusi dengan teman sejawat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Qiraati di TPQ Asy-Syafi’iyah I Pekalongan Batealit Jepara tahun 2017 adalah dengan 3 tahapan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kegiatan tersebut membantu anak dalam membaca al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai makharijul hurufnya dan melatih hafalan do’a-do’a harian dan kalimat thoyibah serta bacaan dalam shalat. (2) Evaluasi Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Qiraati di TPQ Asy-Syafi’iyah I Pekalongan Batealit Jepara tahun 2017 dibagi menjadi 2 tes yaitu tes harian (formatif), anak akan mampu melanjutkan materi selanjutnya jika dianggap benar dan lancar pada tes harian ini, dan tes kenaikan jilid (sumatif) tes ini dilakukan ketika anak telah menyelesaikan materi satu jilidya serta akan melanjutkan pada tingkatan selanjutnya apabila telah memenuhi kriteria bacaan, hafalan do’a, surat pendek dan bacaan dalam shalat. (3) Faktor pendukung dan penghambat Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Qiraati di TPQ Asy-Syafi’iyah I Pekalongan Batealit Jepara tahun 2017 meliputi kemampuan peserta didik berpengaruh terhadap semangat dan kelancaran bacaan anak, peran orang tua sangat penting dibutuhkan untuk menanamkan kecintaan anak dalam belajar dan mengulang materi selama durumah dan guru profesional akan mampu mendukung kemampuan dan ketepatan bacaan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi masukan dan informasi untuk TPQ, ustadzah dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU Jepara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Akhirin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Al-Qur’an, dan Metode Qiraa’ti.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an)
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 12 Jan 2023 03:31
Last Modified: 12 Jan 2023 03:31
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4052

Actions (login required)

View Item
View Item