ULFA HIDAYAH, 131310000872 (2017) IMPLEMENTASI PENILAIAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KURIKULUM 2013 DI SMP N I KEDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131310000872_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131310000872_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (318kB)
131310000872_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (381kB)
131310000872_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (285kB)
131310000872_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (183kB)
131310000872_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (132kB)
131310000872_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (738kB)
Abstract
Latar Belakang Judul adalah Implementasi Kurikulum 2013 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP di Kedung Jepara mengalami banyak masalah terutama dalam pelaksanaan penilaiannya diantaranya adalah kurangnya kesiapan para guru Pendidikan Agama Islam mengimplementasikan kurikulum 2013 yang disebabkan dari rendahnya kualitas manajerial guru, dalam penilaian yang sebagian besar para guru hanya mengambil dari sumber buku secara tekstual tanpa ada pengembangan instrument , terutama penilaian sikap yaitu KI-1 dan keterampilan KI-2, pelaksanaannya sering terabaikan untuk lebih membangun sikap keberagamaan siswa dan untuk memotivasi siswa perlu pengembangan instrument penilaian yang lebih bersifat kontektual ( berdasar realitas masyarakat secara fenomenal ) .
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah : Implementasi Penilaian Pendidikan Agama Islam Pada Kurikulum 2013 di SMP N I Kedung jepara ?, apa saja faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan penilaian Pendidikan Agama Islam berbasis Kurikulum 2013 di SMP N I Kedung Jepara?
Sejalan dengan masalah tersebut maka tujuan penelitian kualitatif ini adalah ingin mengetahui bagaimana penilaian proses pembelajaran PAI berbasis Kurikulum 2013 serta faktor pendorong dan penghambat, lokasi penelitian di SMP N I Kedung Jepara tahun 2016/2017. yang menjadi obyek penelitian adalah Guru PAI, Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Wali Kelas dan Siswa-siswi . Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. data yang terkumpul diperiksa keabsahannya dengan pengecekan kredibilitas. Pelaksanaan pengecekan kredibilitas data menggunakan triangulasi setelah dilakukan pemeriksaan keabsahannya data tersebut diolah menggunakan analisis interaktive Miels dan Huberman dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi berupa tawaran input, saran dan Rekomendasi membantu para penentu kebijakan untuk memformulasikan kebijakan dalam rangka memperbaiki sistim penilaian dan kualitas pembelajaran serta peningkatan mutu pendidikan pada umumnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Implemestasi Kurikulum 2013 dan Penilaian Pendidikan Agama Islam. (1) Implementasi Penilaian Afektif, Kognitif, Psikomotorik. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 02:50 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 02:50 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4036 |