Search for collections on Publications

PENDIDIKAN PESANTREN MENURUT K.H ABDURRAHMAN WAHID (Gus Dur)

TSALITSATUL ADAWIYAH, 131310000869 (2017) PENDIDIKAN PESANTREN MENURUT K.H ABDURRAHMAN WAHID (Gus Dur). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 131310000869_COVER.pdf]
Preview
Text
131310000869_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 131310000869_BAB I.pdf] Text
131310000869_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[thumbnail of 131310000869_BAB II.pdf] Text
131310000869_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[thumbnail of 131310000869_BAB III.pdf] Text
131310000869_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[thumbnail of 131310000869_BAB IV.pdf] Text
131310000869_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[thumbnail of 131310000869_BAB V.pdf] Text
131310000869_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[thumbnail of 131310000869_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
131310000869_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kepemimpinan pendidikan pesantren menurut K.H. Abdurrahman Wahid, 2) Mengetahui model pendidikan pesantren menurut K.H. Abdurrahman Wahid yang berisi tentang metode, evaluasi dan manajemen pendidikan pesantren.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Research). Penelitian ini bersifat kualitatif. Secara metodologis, tata cara mengungkapkan pemikiran seseorang ataupun pandangan kelompok orang adalah dengan menggunakan penelitian secara kualitatif. Dalam penelitian ini terdapat dua macam data yakni data primer dan data sekunder, buku “Menggerakkan Tradisi: Esai-Esai Pesantren” karangan K.H. Abdurrahman Wahid yang diterbitkan oleh: LKiS Yogyakarta sebagai data primer. Sedangkan sumber data sekunder yaitu sumber data yang diperoleh dari pihak lain, tidak langsung dari subjek penelitiannya, akan tetapi dapat mendukung atau berkaitan dengan tema yang diangkat dan dalam penelitian ini data sekundernya antara lain adalah: buku-buku yang berkaitan dengan tema yang diangkat, jurnal, serta majalah. Sedangkan metode analisa data menggunakan analisis isi (Content Analysis) yaitu metode analisis yang diarahkan pada materi atau teks yang terdapat dalam buku primer.
Pendidikan pesantren menurut K.H.Abdurrahman Wahid: Pola kepemimpinannya menggunakan watak kharismatik, namun terdapat kerugian-kerugian mesti begitu tidak harus dihilangkan, dengan demikian akan diperkuat dengan sifat baru yang akan mampu menghilangkan kerugian-kerugian tersebut yaitu dengan diktum yang sudah terkenal dikalangan pesantren yaitu “Memelihara hal-hal baik yang telah ada, sambil mengembangkan hal-hal baru yang lebih baik”, selain itu kepemimpinan dinamis juga sangat diperlukan dalam kepemimpinan, yang mana mampu menangani persoalan baik secara lokal, regional maupun nasional. Model pendidikan pesantren meliputi tiga macam yaitu: Metode bandongan, sorogan, ceramah, hafalan, keteladanan (modeling), dan kritik. Dengan banyaknya metode yang di berikan maka kemungkinan besar peserta didik akan cepat faham dengan apa yang dipelajari. Evaluasi: menurut Gus Dur, yang harus ditanamkan pola pendidikan yang berorientasi proses yaitu, proses lebih penting dari pada hasil. Tatanilai yang menekankan pada fungsi mengutamakan beribadah sebagai pengabdian dan memuliakan guru, namun seiring dengan perkembangan zaman, pendidikan pesantren juga tetap harus mengikuti perkembangan zaman yang ada dengan tidak meninggalkan dan tetap harus mempertahankan identitas dirinya sebagai penjaga tradisi keilmuan klasik, dalam arti tidak larut sepenuhnya dengan modernisasi, mengambil sesuatu yang dipandang manfaat positif untuk perkembangan. Manajemen: dalam manajemen pendidikan pesantren, pondok pesantren diarahkan pada manajerial yang aplikatif, inklusif dan fleksibel sehingga proses pembelajaran dalam pendidikan pesantren tidak monoton.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq, M.Ag.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam > 2X7.341 Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 12 Jan 2023 02:47
Last Modified: 12 Jan 2023 02:47
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4035

Actions (login required)

View Item
View Item