Search for collections on Publications

METODE PENDIDIKAN ISLAM (Analisis Buku Pemikiran Pendidikan Islam Ibn Khaldun Kritis, Humanis Dan Religius)

SYAIFUR ROHMAN, 131310000862 (2017) METODE PENDIDIKAN ISLAM (Analisis Buku Pemikiran Pendidikan Islam Ibn Khaldun Kritis, Humanis Dan Religius). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 131310000862_COVER.pdf]
Preview
Text
131310000862_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 131310000862_BAB I.pdf] Text
131310000862_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[thumbnail of 131310000862_BAB II.pdf] Text
131310000862_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[thumbnail of 131310000862_BAB III.pdf] Text
131310000862_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[thumbnail of 131310000862_BAB IV.pdf] Text
131310000862_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[thumbnail of 131310000862_BAB V.pdf] Text
131310000862_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[thumbnail of 131310000862_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
131310000862_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah Dalam hubungan proses pendidikan Islam, terdapat suatu kaidah bahwa “Segala alat yang dipergunakan untuk mencapai sesuatu yang wajib, hukumnya wajib pula”. Bila dilihat dari pelaksanaan proses kependidikan Islam yang wajib dikerjakan oleh setiap muslim dan muslimat, maka penggunaan suatu metode yang sesuai adalah wajib pula hukumnya. Ibn Khaldun, seorang cendekiawan muslim yang sangat populer. Pendidik harus membiasakan prilaku yang baik kepada peserta didiknya, memberi contoh dan tidak mengajari mereka dengan perkataan saja. Seorang pendidik harus menjadi contoh bagi peserta didiknya. Permasalahan yang seringkali dijumpai dalam pembelajaran adalah bagaimana cara seorang pendidik dalam menyajikan atau menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik secara baik sehingga diperoleh hasil yang efektif dan efisien sesuai dengan tujuan yang ditentukan. Berhasil atau tidaknya suatu pembelajaran, salah satunya tergantung pada metode mengajar yang tepat, efektif dan efisien untuk disuguhkan kepada peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1). Untuk mengetahui analisis Pemikiran Ibn Khaldun Tentang Metode Pendidikan. 2). Untuk mengetahui Relevansi Pemikiran Ibn Khaldun Tentang Metode Pendidikan Islam Terhadap Pendidikan Islam Di Indonesia.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Research). Penelitian ini bersifat kualitatif. Secara metodologis, tata cara mengungkapkan pemikiran seseorang ataupun pandangan kelompok orang adalah dengan menggunakan penelitian secara kualitatif. Dalam penelitian ini terdapat dua macam data, yakni data primer dan data sekunder, Buku “Pemikiran Pendidikan Islam Ibn Khaldun Kritis, Humanis Dan Religius” karangan Muhammad Kosim yang diterbitkan oleh: PT Rineka Cipta sebagai data primer. Sedangkan Sumber data sekunder yaitu sumber data yang mendukung dan melengkapi data-data primer adalah data yang relevan dengan fokus penelitian, yaitu buku-buku karangan para pemikir lain, majalah, jurnal serta internet. Sedangkan metode analisa data menggunakan analisis isi (Content Analysis) yaitu metode analisis yang diarahkan pada materi atau teks yang terdapat dalam buku primer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode Pendidikan Islam Menurut Ibn Khaldun.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 11 Jan 2023 07:36
Last Modified: 11 Jan 2023 07:36
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4030

Actions (login required)

View Item
View Item