SRI SULISTIYANTI, 131310000926 (2018) ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PERSONAL PADA MATA PELAJARAN FIKIH SISWA KELAS IV MI TARBIYATUL HASANAH BRINGIN BATEALIT JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131310000926_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131310000926_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (278kB)
131310000926_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (351kB)
131310000926_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (262kB)
131310000926_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (291kB)
131310000926_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (93kB)
131310000926_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (368kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan penulis untuk meneliti bagaimana penerapan pendekatan personal dalam pembelajaran dikelas pada mata pelajaran Fikih dimana mata pelajaran tersebut sangat penting bagi siswa Madrasah Diniyah, selain itu penulis beerasumsi bahwa pendekatan personal sangat tepat untuk diterapkan pada pembelajaran dikelas.
Beranjak dari alas an dan latarbelakang tersebut maka rumusan masalah penelitian ini adalah : 1. Bagaimana penerapan model pembelajaran personal pada mata pelajaran fiqih di kelas IV MI. Tarbiyatul Hasanah?; 2. Bagaimana hasil penerapan model pembelajaran personal pada mata pelajaran fiqih di kelas IV MI. Tarbiyatul Hasanah?
Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dimana peneliti mengamati kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan siswa didalam kelas. Sumber data yang diperoleh peneliti adalah melalui observasi langsung, wawancara dengan pihak sekolah serta dokumen-dokumen hasil kegiatan belajar mengajar.
Setelah dilakukan penelitian penulis berkesimpulan bahwa penerapan pendekatan personal pada mata pelajaran Fikih kelas IV MI. Tarbiyatul Hasanah bisa diterapkan dengan baik dan mampu memotivasi siswa untuk giat belajar dan mencapai nilai yang baik. Meski demikian problematika dalam penerapan pendekatan personal ini harus dicarikan solusi oleh guru pengampu mata pelajaran. Adapun beberapa kendala yang dihadapi guru dalam penerapan pendekatan personal ini adalah : 1. Kemampuan siswa yang berbeda-beda; 2. Waktu pembelajaran yang lebih panjang; dan 3. Pengelolaan kelas yang lebih sulit. Meski demikian terdapat pula beberapa kelebihan penerapan pendekatan personal pada mata pelajaran Fikih kelas IV MI. Tarbiyatul Hasanah Bringin ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Maswan, M.M. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 07:19 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 07:19 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4021 |