SITI ULYANAH, 131310001495 (2017) IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN FIQIH KELAS X MA AMTSILATI BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131310001495_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131310001495_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (291kB)
131310001495_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (309kB)
131310001495_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (281kB)
131310001495_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (178kB)
131310001495_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (149kB)
131310001495_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini Untuk mengetahui Implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran Fiqih kelas X MA Amtsilati Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016, mulai dari pelaksanaan metode demonstrasi hingga kelebihan dan kekurangan metode demonstrasi dalam pembelajaran Fiqih kelas X MA Amtilati.
Jenis penelitian ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif untuk menganalisis datanya.
Hasil penelitian yang dilakukan peneliti dapat disampaikan bahwasanya, berdasarkan analisis secara keseluruhan tentang implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran Fiqih kelas X MA Amtsilati Bangsri Jepara yaitu dengan cara guru memulai proses pembelajaran mengucapkan salam terlebih dahulu lalu meriview pembelajaran yang sebelum nya untuk mengingat apa yang di pelajari minggu kemarin, guru menjelaskan teori mengenai materi yang akan didemonstrasikan. Guru menunjukkan dan menjelaskan alat – alat atau properti untuk praktek yang telah dipersiapkan sebelumnya. Kemudian guru menunjuk salah satu siswa atau beberapa siswa untuk menjadi modelnya. Siswa yang lain mengamati dengan seksama setiap tahap demi tahap praktek tersebut. Guru sesekali membenarkan cara yang salah, setelah pendemonstrasian selesai guru menyimpulkan apa yang terjadi dalam proses demonstrasi tadi, setelah proses pembelajaran selesai guru menutup pelajaran dengan salam. Kelebihan dan kekurangannya dipengaruhi oleh kondisi pembelajaran, baik berupa isi pembelajaran, maupun media pembelajaran yang dibutuhkan meliputi alat, tim pelaksana, maupun jam tambahan yang dibutuhkan dalam pelaksanaannya. Untuk implementasinya bisa dikatakan sangat baik, karena dapat membuat siswa lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran, dan membuat suasana pembelajaran lebih menyenangkan.
Berdasarkan perolehan data tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran Fiqih kelas X MA Amtsilati Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016 dapat dikatakan sangat baik karena dapat membuat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran, dan membuat suasana pembelajaran lebih menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. H. Mahalli, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Metode Demonstrasi, Pembelajaran Fiqih. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 07:07 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 07:07 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4013 |