SITI NAFISAH RATNA SARI, 131310000857 (2017) KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS RELIGIUS DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN NILAI KEARIFAN LOKAL. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131310000857_COVER.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
131310000857_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (254kB)
131310000857_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (373kB)
131310000857_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (449kB)
131310000857_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (309kB)
131310000857_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (15kB)
131310000857_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (84kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep, implementasi pendidikan humanis religius dalam pendidikan agama Islam berwawasan nilai kearifan lokal. Jenis penelitian ini adalah library research melalui pendekatan kualitatif dengan teknik analisis data deskriptif untuk menjelaskan suatu fakta atau pemikiran sehingga dapat diterima secara rasional dan analisis interpretasi untuk menyelami isi buku baik secara eksplisit maupun implisit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan humanis religius dalam pendidikan agama Islam berwawasan nilai kearifan lokal efektif dan dapat diimplementasikan dalam proses pendidikan. Konsep ini memberikan pemahaman tentang pendidikan hakikat manusia melalui pendekatan humanis religius yang memahami keberagaman potensi untuk dikembangkan berdasarkan nilai-nilai agama dan kearifan lokal lingkungan mereka. Pendidikan agama Islam sebagai pelajaran yang memiliki peran besar dalam pembentukan karakter melalui proses pendidikan disekolah didesain lebih dekat dengan amaliah yang dijumpai dalam keseharian sehingga pada akhirnya materi pendidikan agama Islam lebih aplikatif. Langkah ini dimulai dengan terintegrasinya nilai humanis yang bertujuan untuk meningkatkan paradigma common sense, individualisme menuju kemandirian, thirst of knowledge, pendidikan pluralisme, kontekstualisme lebih mementingkan fungsi dari pada simbol, serta keseimbangan antara reward dan punishment. Manajemen sekolah bertanggung jawab untuk mendesain lingkungannya sebagai miniatur siswa untuk dapat merealisasikan makna nilai pendidikan yang diajarkan kepada siswa melalui semua unsur pendidikan di sekolah, utamanya kepada guru sebagai promotor of learning. Lingkungan berikutnya adalah keluarga yang memiliki peran penting untuk memberikan pendidikan melalui pembiasaan agar menemukan problem solving atas apa yang mereka hadapi. Pendidikan agama Islam memiliki peran bukan hanya mengajarkan bagaimana ia harus menjalankan perintah agama Islam dalam ibadahnya kepada Allah SWT. Nilai agama Islam adalah jiwa gerak dan langkahnya, sehingga siswa tidak lagi sebatas tau dan dapat menjalankan ritual ibadah, tetapi memahami maksud dan tujuannya. Pendidikan diarahkan menuju terbentuknya insan kamil yang menyadari kedudukannya sebagai abdullah dan khalifatullah dalam peranannya hamemayu hayuning bawana. Mewujudkan citra Islam sebagai agama rahmatan lil alamin. Pendidikan merupakan proses pembudayaan. Pembudayaan dapat memberikan kondisi yang disadari atau tidak untuk belajar, mendorong secara sadar atau tidak sadar melakukan melakukan reaksi tertentu, kebudayaan merupakan sistem yang dapat memberikan reward dan punishment terhadap kelakuan manusia dan kebudayaan melakukan semua itu melalui proses belajar melalui cara mengulang-ulang. oleh karena itu langkah pasti dalam pendidikan adalah mengaitkan agama, nilai humanistik dan juga kearifan lokal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Humanis Religius, Kearifan Lokal, Pendidikan Agama Islam. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.15 Psikologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 07:05 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 07:05 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4011 |