SITI LIA WAFIROH, 131310000613 (2016) PENINGKATAN KUALITAS HASIL BELAJAR AGAMA ISLAM MATA PELAJARAN FIQIH PESERTA DIDIK KELAS XI MA SULTAN FATTAH SUKOSONO KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131310000673_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131310000673_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (284kB)
131310000673_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (322kB)
131310000673_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (258kB)
131310000673_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (267kB)
131310000673_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (183kB)
131310000673_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (285kB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah melihat kenyataan bahwa kulitas hasil belajar sangat mempengaruhi kondisi peserta didik setelah dilaksanakannya proses pembelajaran. Keberhasilan belajar mengajar bukan hanya seberapa daya serap materi yang dipahami peserta didik dalam mencapai prestasi baik secara individu maupun kelompok. Namun muncul dalam bentuk nilai tambah agar kehidupan esok lebih baik dari hari ini, baik secara jasmani maupun rohani dalam rangka pembentukan manusia sebagai khalifah dibumi. Apalagi materi fiqh adalah ilmu untuk menyiapkan peserta didik hidup di dunia dan di akhirat. Dengan ilmu fiqh secara otomasis peserta didik akan mampu beribadah kepada Allah sesuai dengan ketentuan dan apa yang di inginkan oleh Allah. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut hasil belajar Agama Islam mata pelajaran fiqih peserta didik kelas XI MA. Sultan Fattah, serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut hasil belajar Agama Islam mata pelajaran fiqih peserta didik kelas XI MA. Sultan Fattah. Data dari penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara serta dokumentasi, maka dalam menganalisisnya penulis menggunakan reduksi data, penyajian data serta verifikasi/ penarikan kesimpulan.
Dari hasil pengolahan data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut hasil belajar Agama Islam mata pelajaran fiqih peserta didik kelas XI MA. Sultan Fattah menunjukan peningkatan yang signifikan. Itu dapat terlihat dari hasil belajar siswa yang asalnya pada minggu pertama penelitian hasil belajar siswa berkisar pada 72,7 dan pada minggu ke dua penelitian naik menjadi 80,2. Atau naik sekitar 7,5%. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut hasil belajar Agama Islam mata pelajaran fiqih peserta didik kelas XI MA. Sultan Fattah ada 2 faktor yaitu faktor pendukung dan penghambat.
Dari sini bisa dipahami bahwa untuk meningkatkan kualitas hasil belajar agama Islam mata pelajaran fiqih peserta didik bisa dilakukan dengan meningkatkan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut hasil belajar. Serta dapat mengantisipasi dan menyelesaikan faktor-faktor yang dapat menghambat perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. H. Akhirin, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Mata Pelajaran Fiqih. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 06:39 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 06:39 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4008 |