SITI FATIMATUR ROSYIDAH, 131310000357 (2017) PENDIDIKAN HOLISTIK DALAM PERSPEKTIF ISLAM DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131310000357-COVER.pdf - Published Version
Download (947kB) | Preview
131310000357-BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (386kB)
131310000357-BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (335kB)
131310000357-BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (302kB)
131310000357-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (244kB)
131310000357-BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (147kB)
131310000357-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (321kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pendidikan Holistik dalam Perspektif Islam dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Studi ini dimaksudkan untk untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana konsep pendidikan holistik dalam perspektif Islam? Bagaimana relevansi pendidikan holistik dengan tujuan pendidikan Islam? 3) Bagaimana implementasi pendidikan holistik dalam mewujudkan tujuan pendidikan Islam/ Permasalahan tersebut dibahas melalui studi kepustakaan yang datanya diperoleh dari karya Amie Primarni yang berhubungan dengan pendidikan holistik. Semua data penelitian dianalisis menggunakan metode content analysis.
Kajian ini menunjukkan bahwa: 1) Pendidikan holistik Islami bertujuan mengakomodir seluruh kecerdasan manusia yang meliputi kecerdasan intelektual, emosi, fisik dan spiritual untuk memberdayakan manusia seutuhnya. Dengan menjadikan peran tauhid sebagai titik sentral penyatu semua elemen manusia, dan puncak dari pendidikan individu tersebut adalah spiritualitas yang mampu meningkatkan kapasitas iman, ilmu, dan amal setiap manusia. 2) Pendidikan holistik Islami relevan dengan tujuan pendidikan Islam yakni mencetak manusia sempurna yang bermuara pada pendekatan kepada Allah serta dalam rangka menjalankan peran sebagai khalifah di muka bumi. 3) Implementasi pendidikan holistik dalam mewujudkan tujuan pendidikan Islam adalah dengan menata kembali kurikulum, metode, dan semua unsur-unsur yang ada di lembaga pendidikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Sa'adullah Assa'idi, M.Ag. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 01:25 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 01:25 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4005 |