SHELLY ANNY ZAKIYAH, 131310000605 (2017) STUDI DESKRIPTIF PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ISLAM ASY-SYAFIIYAH PEKALONGAN BATEALIT JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131310000605_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131310000605_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (320kB)
131310000605_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (507kB)
131310000605_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (175kB)
131310000605_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (220kB)
131310000605_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (89kB)
131310000605_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mendiskripsikan pemberian Reward di SMP Islam Asy-Syafiiyah Pekalongan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016. 2. Untuk mendeskripsikan pemberian Punishment di SMP Islam Asy-Syafiiyah Pekalongan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016. 3. Untuk mengetahui apasaja faktor-faktor yang mempengaruhi aplikasi pemberian reward dan Punishment dalam proses belajar bidang studi pendidikan agama Islam di SMPIslam asy-syafiiyah Pekalongan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016. 4. Untuk mengetahui Keberhasilan Proses Belajar Dalam Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Asy-Syafiiyah Pekalongan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif dengan hasil sebagai berikut: 1. Pemberian Reward di SMP Islam Asy-Syafiiyah Pekalongan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016, adalah a) Ekspresi verbal/pujian b) Reinforcer c) Imbalan materi/hadiah d) Memandang dan tersenyum e) Reinforcer Simbolik f) Mengganggap kita (guru) bagian dari mereka (murid) g) Wejangan / motivasi. Metode Punishment, pada metode ini hal yang diterapkan adalah: a. Teori hukuman preventif yaitu dengan memberikan hukuman sewajarnya. Tujuan dari pemberian hukuman adalah memberikan efek jera dan semata-mata sebagai bentuk perhatian. b. Teori hukuman represif dilaksanakan kapan saja saat siswa melakukan kesaahan. Tujuan dari penerapan metode punishment adalah agar siswa jera dan memberikan motivasi siswa agar menjadi lebih baik 2. Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam aplikasi pemberian reward dan punishment dalam proses belajar bidang studi pendidikan agama Islam di SMPI slam asy-syafiiyah Pekalongan Batealit Jepara tahun pelajaran 2015/2016, factor yang mendukung adalah: a. Dukungan sekolah dan dukungan guru b. Dorongan seorang guru untuk memotivasi siswa mencapai prestasi dan membentuk peserta didik lebih berkarakter c. Sarana dan prasarana yang memadai, dan factor yang menghambat adalah: a. Lingkungan b. Kurangnya kesadaran dalam diri siswa c. Kurangnya komunikasi dan kerjasama dengan orang tua siswa. 3. Keberhasilan Belajar Dalam Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Asy-Syafiiyah Pekalongan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016, adalah a. Prestasi Siswa Meningkat b. Siswa Mampu Bekerjasama c. Adanya Pembelajaran yang Menyenangkan d. Pembelajaran yang Efektif di Kelas dan Lebih Memberdayakan Potensi Siswa e. Pencapaian Tujuan dan Target Kurikulum, hal itu dapat dilihat dari hasil prestasi belajar kognitif siswa rata-rata: 75,4, afektif : 75,3 dan kognitif : 78 itu berarti sudah mencapai target yang telah ditentukan yaitu KKM: 70.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. H. Mahalli, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Reward Dan Punishment, dan Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.15 Psikologi Pendidikan 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 07:56 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 07:56 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4000 |