SAIFUL ANWAR, 131310000601 (2017) STUDI ANALISIS ISU-ISU KONTEMPORER PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU METODOLOGI STUDI ISLAM KARYA KHOIRIYAH, M.Ag. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131310000601_COVER.pdf - Published Version
Download (766kB) | Preview
131310000601_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (160kB)
131310000601_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (387kB)
131310000601_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (153kB)
131310000601_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (208kB)
131310000601_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (12kB)
131310000601_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (6kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). Isu-isu Kontemporer Pendidikan Islam Menurut Buku Metodologi Studi Islam karya Khoiriyah (2). Relevansi Isu-isu Kontemporer dalam Studi Islam dengan Pendidikan Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian jenis library research. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis yakni menggambarkan dan menganalisis Isu-isu Kontemporer dalam Studi Islam karya Khoiriyah dan Relevansinya dengan pendidikan Islam. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis data kualitatif, yaitu data yang tidak bisa dinilai dengan angka secara langsung. Dalam hal ini yang akan diuraikan adalah tentang Isu-isu Kontemporer dalam Studi Islam dalam buku Metodologi Studi Islam karya Khoiriyah dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa isu-isu kontemporer dalam studi Islam dalam buku Metodologi Studi Islam karya Khoiriyah M. Ag terdapat empat isu kontemporer, diantaranya: pertama, munculnya pemikiran-pemikiran Islam modern yang didalamnya meliputi aliran Wahabi, aliran Ikhwanul Muslimin, aliran Muhammadiyah, dan aliran Nahdlatul ulama. Kedua, isu tentang pluralisme. Ketiga, isu tentang demokrasi. Ke empat, isu tentang Islam liberal. Adapun relevansi Isu-isu kontemporer dengan pendidikan Islam adalah Sebagai agen perubahan sosial. Pendidikan Islam yang berada dalam atmosfir kontemporer dewasa ini dituntut untuk mampu memainkan peranannya secara dinamis dan pro-aktif. Kehadirannya diharapkan mampu membawa perubahan dan kontribusi baru yang berarti bagi perbaikan umat Islam, baik pada tataran intelektual teoritis maupun praktis.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan beberapa metode, Pertama adalah deskripsi, dimaksudkan untuk menjelaskan dan menggambarkan tentang Isu-isu Kontemporer Pendidikan Islam dalam buku Metodologi Studi Islam Karya Khoiriyah, M. Ag dan relevansi studi Islam dengan Pendidikan Islam, Kedua adalah induksi deduksi, agar penjelasan lebih memahamkan maka dimulai dari hal umum ke khusus atau dari khusus ke umum. Ketiga adalah content analysis, dimaksudkan agar diperoleh analisis yang lebih mendalam terkait dengan Isu-isu Kontemporer Pendidikan Islam dan Relevansi Isu-isu Kontemporer dalam Studi Islam dengan Pendidikan Islam. Pemahaman Islam selama ini ternyata belum dipahami benar oleh masyarakat akibatnya masyarakat dihadapkan pada masalah kontemporer dalam kesehariannya, Sehingga diperlukan pemahaman Islam secara utuh. pendidikan Islam diharapkan mampu memainkan peranannya dengan baik guna untuk menghadapi masalah kontemporer yang ada didalam masyarakat. Dengan pendidikan Islam masyarakat akan lebih mudah dalam memahami Islam secara utuh sehingga masalah kontemporer dapat teratasi dengan baik dan tidak menimbulkan masalah kontemporer yang lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : H. Mufid, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Isu-Isu Kontemporer Dalam Studi Islam Dan Pendidikan Islam. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 07:36 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 07:36 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3997 |