SAIKHUNAL AZAR, 131310000927 (2017) STUDI PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM UPAYA PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM MIFTAHUL HUDA BULUNGAN PAKIS AJI JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131310000927_COVER.pdf - Published Version
Download (775kB) | Preview
131310000927_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (282kB)
131310000927_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (400kB)
131310000927_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (533kB)
131310000927_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (108kB)
131310000927_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (100kB)
131310000927_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Latar belakang penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui sejauh mana partisipasi yang diberikan oleh masyarakat desa Bulungan kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara dalam upaya Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam Di Yayasan Pendidikan Islam Miftahul Huda Desa Bulungan Kecataman Pakis Aji. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apa saja partisipasi yang diberikan oleh masyarakat dalam mengembangkan lembaga pendidikan Islam di Yayasan Miftahul Huda desa Bulungan Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara?. 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan Islam di Yayasan Miftahul Huda desa Bulungan Kecamatan Pakis Aji?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan jawaban atas kedua rumusan masalah tersebut.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Fokus penelitian adalah untuk menganalisis jenis-jenis partisipasi yang diberikan oleh masyarakat desa Bulungan dalam upaya pengembangan lembaga pendidikan Islam. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah segala sesuatu yang relevan secara substansial dengan tema penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tahapan analisis sebelum di lapangan dan analisis selama di lapangan, kemudian baru menarik simpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diperoleh simpulan bahwa wujud partisipasi masyarakat antara lain berupa partisipasi finansial, partisipasi dalam bentuk material, partisipasi dalam bentuk akademik dan partisipasi dalam bentuk kultural. Sedangkan yang menjadi faktor pendorong partisipasi antara lain adalah: 1) kesadaran para orang tua dan wali murid terhadap tanggung jawab pengembangan pendidikan Islam, 2) Peran para tokoh agama dan tokoh masyarakat yang tidak bosan-bosannya mengajak warga masyarakat untuk berpartisipasi, 3) masyarakat membutuhkan keberadaan pendidikan Islam sebagai media untuk mendidik anak-anak mereka, 4) Peningkatan prestasi dan kinerja sekolah sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk memberikan reward atau umpan balik dalam bentuk partisipasi. Adapun faktor penghambatnya adalah: 1) Adanya anggapan atau pendapat dari sebagian masyarakat desa Bulungan bahwa sekolah tidak membutuhkan lagi bantuan masyarakat karena sekolah sudah dibantu oleh pemerintah melalui dana BOS, 2) Adanya sikap apatis masyarakat terhadap upaya penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan Islam di desa Bulungan, 3) Adanya sebagian masyarakat yang hidup dalam kemisikinan sehingga tidak sempat untuk memberikan atau melakukan upaya-upaya di luar urusan pemenuhan kebutuhan pribadinya. 4) Adanya aspek tipologis dari sebagian masyarakat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : H. Mufid, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Partisipasi Masyarakat, Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam, Yayasan Pendidikan Islam Miftahul Huda Desa Bulungan Kecataman Pakis Aji. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.19 Sosiologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 07:35 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 07:35 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3996 |