Search for collections on Publications

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIDANG STUDI FIQIH SISWA MI NU GETAS PEJATEN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ROHMAD BUDI SANTOSO, 211314 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIDANG STUDI FIQIH SISWA MI NU GETAS PEJATEN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 211314_COVER.pdf]
Preview
Text
211314_COVER.pdf - Published Version

Download (874kB) | Preview
[thumbnail of 211314_BAB I.pdf] Text
211314_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[thumbnail of 211314_BAB II.pdf] Text
211314_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[thumbnail of 211314_BAB III.pdf] Text
211314_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[thumbnail of 211314_BAB IV.pdf] Text
211314_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[thumbnail of 211314_BAB V.pdf] Text
211314_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[thumbnail of 211314_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
211314_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; 1) Bagaimana Penggunaan Media siswa dalam menggunakan media belajar fiqih di MI NU Getas Pejaten Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017?; 2) Bagaimana hasil belajar bidang studi fiqih yang dicapai oleh siswa MI NU Getas Pejaten Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017? 3) Adakah pengaruh yang positif antara penggunaan media belajar dengan hasil belajar bidang studi fiqih siswa MI NU Getas Pejaten Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017.
Data penelitian diperoleh melalui kegiatan penyebaran angket, wawancara, dan juga observasi serta dokumentasi untuk mencari data tentang profil sekolah. Adapun yang menjadi obyek penelitian adalah seluruh siswa MI NU Getas Pejaten Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 238 siswa, yang dijadikan sampel sejumlah 40 siswa. Setelah itu data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dengan korelasi product moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Berdasarkan nilai prosentase variabel X sebesar 72%, maka nilai variabel X dikategorikan baik, karena berada di interval 71 - 85, yang berarti bahwa penggunaan sumber belajar oleh siswa kelas IV V DAN VI Madrasah Ibtidaiyah NU Khoriyyah Getas Pejaten Jati Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017 adalah baik. (2) Berdasarkan nilai prosentase variabel Y sebesar 75%, maka nilai variabel Y dikategorikan baik karena berada di interval 71 - 85, yang berarti bahwa hasil dari Hasil Belajar Bidang Studi Fiqih siswa kelas IV V DAN VI semester I Madrasah Ibtidaiyah NU Khoriyyah Getas Pejaten Jati Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017 adalah baik. (3) Berdasarkan analisa terhadap pengaruh dengan analisis statistik korelasi product moment ditemukan bahwa penggunaan sumber belajar mempengaruhi 21.8% terhadap Tes Hasil Belajar Bidang Studi Fiqih siswa kelas IV V DAN VI semester I Madrasah Ibtidaiyah NU Khoriyyah Getas Pejaten Jati Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Sedangkan sisanya yaitu 100% - 21.8% = 78.2 % varabel Y Tes Hasil Belajar Kognitif Siswa Bidang Studi Fiqih) dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah UNISNU JEPARA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Maswan, M.M.
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Belajar, Hasil Belajar Bidang Studi Fiqih.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 10 Jan 2023 07:10
Last Modified: 10 Jan 2023 07:10
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3991

Actions (login required)

View Item
View Item