RIRIN EKA SETYANINGRUM, 131310000840 (2017) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL JILBAB TRAVELER: LOVE SPARKS IN KOREA KARYA ASMA NADIA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131310000840_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131310000840_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (455kB)
131310000840_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (699kB)
131310000840_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (274kB)
131310000840_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (828kB)
131310000840_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (130kB)
131310000840_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah melihat fenomena yang terjadi di dalam kehidupan manusia pada era modern ini sudah jauh dari nilai-nilai al-Qur’an dan al-Hadits. Adanya gejala-gejala yang menunjukan rendahnya kualitas akhlak tidak hanya terjadi pada kalangan remaja saja bahkan juga orang tua. Misalnya maraknya seks bebas para remaja, meningkatnya kekerasan pada remaja, penyalahgunaan obat-obatan terlarang, penggunaan kata-kata yang memburuk dan masih banyak lagi. Adapun yang menjadi akar masalah penyebab timbulnya krisis akhlak diantaranya adalah minimnya pengetahuan tentang agama, pembinaan moral yang kurang efektif dan belum adanya kesungguhan dari pemerintah untuk melakukan pembinaan akhlak bangsa. Dari permasalahan di atas, perlu kiranya dilakukan lebih mendalam mengenai pendidikan akhlak. Pendidikan akhlak dapat diberikan kepada peserta didik melalui cara dan media pendidikan yang bermacam-macam. Salah satu media pendidikan akhlak adalah berupa novel. Novel memiliki unsur pesan nilai-nilai pendidikan akhlak. Salah satu contohnya adalah novel “Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea Karya Asma Nadia”.
Dengan melihat latar belakang di atas, yang menjadi rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja pendidikan akhlak dan nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam novel “Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea” karya Asma Nadia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan akhlak dan nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam novel “Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea” karya Asma Nadia.
Penelitian skripsi ini, menggunakan pendekatan penelitian deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data menggunakan tehnik metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis isi (content analysis).
Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa pendidikan akhlak dan nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam novel Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea karya Asma Nadia meliputi: pendidikan akhlak terhadap Allah Swt, bentuk nilai yang ditampilkan adalah menauhidkan Allah Swt, mengingat Allah (zikrullah), tawakal, sabar, iman, takwa, syukur, ikhlas dan ikhtiar. Pendidikan akhlak terhadap diri sendiri, bentuk nilai yang ditampilkan adalah benar atau jujur, menepati janji (al-Wafa’), memelihara kesucian diri (al-iffah), hemat (qawamiyah), optimis dan berilmu. Pendidikan akhlak terhadap keluarga bentuk nilai yang ditampilkan adalah berbakti kepada orang tua, menyayangi orang tua dan keluarga. Pendidikan akhlak terhadap sesama, adapun bentuk nilai yang ditampilkan adalah silaturahmi, adil, baik sangka (husnuzhan), rendah hati (tawadhu’), lapang dada (insyiraf) dan dermawan (al-munfiqun).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Maswan, M.M. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral 800 Kesusastraan > 813 Fiksi Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 07:04 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 07:04 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3987 |