Search for collections on Publications

PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN MEDIA LCD TERHADAP MINAT BELAJAR FIKIH DI MI NU KHOIRIYYAH GETASPEJATEN JATI KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

RINI SETYAWATI, 131310001688 (2017) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN MEDIA LCD TERHADAP MINAT BELAJAR FIKIH DI MI NU KHOIRIYYAH GETASPEJATEN JATI KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 131310001688_COVER.pdf]
Preview
Text
131310001688_COVER.pdf - Published Version

Download (834kB) | Preview
[thumbnail of 131310001688_BAB I.pdf] Text
131310001688_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[thumbnail of 131310001688_BAB II.pdf] Text
131310001688_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[thumbnail of 131310001688_BAB III.pdf] Text
131310001688_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[thumbnail of 131310001688_BAB IV.pdf] Text
131310001688_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[thumbnail of 131310001688_BAB V.pdf] Text
131310001688_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[thumbnail of 131310001688_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
131310001688_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk mengetahui persepsi siswa tentang penggunaan media LCD di MI NU Khoiriyyah Getaspejaten Jati Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016, (2) Untuk mengetahui minat belajar fikih di MI NU Khoiriyyah Getaspejaten Jati Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016, (3) Untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan media LCD terhadap minat belajar fikih di MI NU Khoiriyyah Getaspejaten Jati Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan Field research dengan pendekatan exposfacto. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 25 responden siswa MI NU Khoiriyyah Getaspejaten Jati Kudus. Tehnik pengambilan sampel menggunakan siswa kelas IV,V,VI MI NU Khoiriyyah Getaspejaten Jati Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data menggunakan instrumen utama kuesioner untuk menjaring data variabel persepsi siswa tentang penggunaan media LCD (X), dan minat belajar fikih (Y) dan instrumen pendukung yaitu observasi untuk mendapatkan data tentang aktivitas kegiatan belajar mengajar di MI NU Khoiriyyah Getaspejaten Jati Kudus, dan interview untuk mendapatkan informasi data tentang pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan media LCD terhadap minat belajar fikih.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknis analisis statistik deskriftif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dicapai hasil : (1) Persepsi Siswa Tentang Penggunaan media LCD di MI NU Khoiriyyah Getaspejaten Jati Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016 adalah baik (68,64) karena tergolong interval 68-71, (2) Minat Belajar Fikih di MI NU Khoiriyyah Getaspejaten Jati Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016 adalah baik (68,84) karena tergolong interval 69-72, (3) persepsi siswa tentang penggunaan media LCD memilliki korelasi yang positif dan signifikan terhadap minat belajar fikih di MI NU Khoiriyyah Getaspejaten Jati Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016 yakni (0,715) hal ini terbukti r observasi (0,715) lebih besar daripada r dalam table (0,396) pada taraf signifikansi 5% dan (0,505) pada taraf signifikansi 1 %.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan kepada Yayasan MI NU Khoiriyyah Getaspejaten Jati Kudus bahwa persepsi siswa tentang penggunaan media LCD sangat berpengaruh terhadap minat belajar pelajaran fikih. Oleh karena itu, hendaknya madrasah bisa memfasilitasi masing-masing kelas berupa pengadaan LCD untuk meningkatkan kegiatan belajar mengajarnya serta penggunaan media LCD ini dapat direkomendasikan untuk setiap mata pelajaran dapat menggunakan media ini khususnya dikelas yang lebih tinggi serta orang tua hendaknya memberikan motivasi, menyediakan fasilitas belajar anak-anaknya sehingga dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar akan lebih meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Maswan, M.M.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 10 Jan 2023 06:56
Last Modified: 10 Jan 2023 06:56
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3985

Actions (login required)

View Item
View Item