RIKA ZULIYANTI, 131310000837 (2017) PENDIDIKAN AKHLAK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP TINGKAH LAKU ANAK (Kajian Kitab Washoya Al-Aba’li Al-Abna’ Karya Syaikh Muhammad Syakir). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131310000837_COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
131310000837_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (362kB)
131310000837_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (308kB)
131310000837_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (196kB)
131310000837_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (352kB)
131310000837_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (59kB)
131310000837_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep dan metode pendidikan akhlak yang digunakan di dalam kitab Washaya al-Abaa' Gil Abnaa'. Penelitian ini memberikan manfaat yaitu memperkaya khazanah keilmuan pendidikan agama Islam, khususnya bagi peneliti, praktisi pendidikan, dan menjadi sumber referensi bagi instansi pendidikan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan biografi naratif. Dalam hal ini adalah autobiografi pemikiran tokoh yang meliputi konsep pendidikan akhlak anak yang bersumber dari kitab beliau dan menggunakan metode pemaparan deskriptif. Jenis penelitian skripsi menggunakan metode library research (penelitian kepustakaan) yaitu penelitian yang mengacu pada sumber kepustakaan seperti buku, artikel, catatan, dan media elektronik. Dengan menggunakan sumber primer dari kitab Washaya al-Abaa' Lil Abnaa' dan sumber sekunder dari buku-buku yang menunjang penelitian. Sementara teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, yaitu suatu cara pencarian data melalui variabel berupa catatan, buku, artikel,dan sebagainya. Dalam menganalisis data penulis menggunakan studi content analysis (analisis isi atau analisis kajian), yaitu penulis menganalisis data yang tekstual menurut isinya. Hasil penelitian ini menemukan beberapa konsep dan metode pendidian akhlak dalam kitab tesebut, di antaranya adalah: konsep berakhlak kepada Allah dan RasulNya, konsep berakhlak terhadap ilmu, konsep akhlak kepada guru, konsep akhlak kepada orang tua, konsep akhlak kepada teman, konsep akhlak kepada masyarakat, konsep akhlak kepada diri sendiri, dan konsep akhlak terhadap negara. Adapun metode pendidikan dalam kitab tersebut, cl' antaranya adalah: metode diskusi (discussion), metode menghafal (memorized), metode nasihat (advice), metode pembiasaan diri (self habit), metode kisah (story telling), metode dialog (dialogue), metode perumpamaan (example), dan metode targhib dan tarhib (reward and punishment).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dr. H. Subaidi, S.Pd.I., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Akhlak Anak, Muhammad Syakir Al-Iskandariyah, Washaya Al-Abaa' Lel Abnaa'. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 06:46 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 06:46 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3980 |