RACHISATUL WACHIDAH, 131310002063 (2017) APLIKASI STRATEGI CRITICAL INCIDENT DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FIQIH KELAS X SISWA MA ZUMROTUL WILDAN NGABUL TAHUNAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
|
Text
131310002063_COVER.pdf - Published Version Download (568kB) | Preview |
|
![]() |
Text
131310002063_BAB 1 Rachisatul.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
|
![]() |
Text
131310002063_BAB 2 Rachisatul.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
|
![]() |
Text
131310002063_BAB 3 Rachisatul.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
|
![]() |
Text
131310002063_BAB 4 Rachisatul.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
|
![]() |
Text
131310002063_BAB 5 Rachisatul.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
|
|
Text
131310002063_DAFTAR PUSTAKA Rachisatul.pdf - Published Version Download (80kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi critical incident dalam pembelajaran mata pelajaran Fiqih kelas X siswa MA. Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara tahun pelajaran 2016/2017. Dan mengetahui apa saja yang mempengaruhi dalam penerapan critical incident dalam mata pelajaran Fiqih kelas X siswa MA. Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan di dalam masyarakat yang sebenarnya untuk menemukan realitas apa yang tengah terjadi mengenai masalah tertentu. Proses pengolahan data ini ditunjuk dengan analisis isi (content analisis), yaitu teknik apapun yang dipergunakan untuk menarik kesimpulan melalui usaha menemukan beberapa data yang akurat dan dikalikan secara obyektif dan sistematis.
Pada penerapan strategi pembelajaran critical incident (pengalaman penting) ini siswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran dimana pada awalnya guru menyampaikan suatu tema atau materi yang akan dipelajari. Beberapa tahapan yang dilakukan oleh guru Fiqih dalam penerapan strategi critical incident pada Siswa Kelas X MA Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017, yaitu :
Persiapan guru dalam pembelajaran Fiqih dengan strategi critical incident di MA. Zumrotul Wildan Ngabul. Pada tahap persiapan ini, guru Fiqih melakuakan dua kegiatan yaitu: persiapan tertulis dan tidak tertulis.
Proses Pembelajaran Fiqih dengan strategi critical incident pada siswa kelas X MA Zumrotul Wildan Ngabul di MA. Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara, Pada tahap pertama penerapan strategi critical incident ini adalah penjelasan materi Ketentuan Islam tentang Akad. Tahap kedua, siswa diberi kesempatan beberapa menit untuk mengingat-ingat kembali pengalaman penting mereka tentang kegiatan akad yang pernah mereka alami, baik melihat atau melaksanakan sendiri.
Setelah diterapkan critical incident pada pembelajaran mata pelajaran Fiqih khususnya di kelas X MA. Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara menunjukkan indikasi meningkat. Terjalin kerjasama yang aktif dan terarah antar siswa. Siswa berusaha menyatukan pendapatnya saat penyampaian pengalamannya. Siswa berani bertanya tentang materi yang dipelajari serta aktif menjawab pertanyaan dari guru atau pertanyaan dari teman.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. H. Mahalli, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi, Strategi, Critical Incident, Pembelajaran Mata Pelajaran Fiqih. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 09 Jan 2023 06:55 |
Last Modified: | 09 Jan 2023 06:55 |
URI: | http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3975 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |