NUR LAELATUS SOFA, 131310000643 (2017) SUPERVISI PEMBELAJARAN TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN AGAMA DI MI MATHOLI’UN NAJAH SINANGGUL MLONGGO JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131310000643_COVER.pdf - Published Version
Download (819kB) | Preview
![[thumbnail of 131310000643_BAB I.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310000643_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (116kB)
![[thumbnail of 131310000643_BAB II.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310000643_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (67kB)
![[thumbnail of 131310000643_BAB III.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310000643_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (23kB)
![[thumbnail of 131310000643_BAB IV.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310000643_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (217kB)
![[thumbnail of 131310000643_BAB V.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310000643_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (10kB)
131310000643_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan mengetahui: 1). Penerapan Supervisi Pembelajaran di MI Matholiun Najah Sinanggul. 2). Pelaksanaan Supervisi pembelajaran di MI Mtaholiun Najah Sinanggul. 3) Evaluasi Supervisi pembelajaran di MI Matholiun Najah Sinanggul.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data antara lain adalah: wawancara, dokumentasi dan observasi.
Berdasarkan hasil penelitian baik yang bersifat kepustakaan maupun yang bersifat lapangan dapat disimpulkan bahwa:
Pertama, Perencanaan Supervisi Pendidikan di MI Matholiun Najah Sinanggul Mlonggo Jepara, Setiap bidang kegiatan, perencanaan merupakan suatu hal yang pokok, yang tidak dapat ditiadakan, jika pengawas mengiginkan usaha yang efektif. Supervisi merupakan usaha untuk mendorong para guru mengembangkan kemampuannya agar dapat mencapai tujuan pendidikan secara efektif. Karena itu, dalam supervisi perencanaan merupakan kegiatan yang perlu dilakukan sebaik-baiknya, tanpa perencanaan yang baik, supervisi akan memberikan kekeceawaan kepada pihak yeng terlibat didalamnya, yaitu guru, kepala sekolah, supervisor dan murid-murid yang mengharapkan pembelajaran berlangsung secara efektif, aktif, kreatif, dan menyenangkan.
Kedua, Pelaksanaan Supervisi Pendidikan di MI Matholiun Najah, supervisi untuk menindak lanjuti supervisi observasi kelas adalah dengan memberi penguatan kepada guru agar tidak putus asa dan tetap semangat untuk maju. Penguatan positif dilakukan dengan cara memuji hal-hal yang sudah dia lakukan dengan baik, dan penguatan negative dilakukan dengan cara mengurangi beban guru dengan cara tidak mengsupervisi guru yang bersangkutan apabila cara mengajarnya sudah baik, , apabila kekurangan guru tidak terlalu banyak maka kami akan lanjutkan dengan teknik supervisi lain, apabila sebagian besar belum baik maka kami akan melakukan supervisi dengan teknik yang sama.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq, M.Ag. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 09 Jan 2023 02:17 |
Last Modified: | 09 Jan 2023 02:17 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3956 |