NUR JANNAH, 131310000588 (2017) PERAN DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENCIPTAKAN SITUASI BELAJAR MENGAJAR YANG EFEKTIF PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA HASYIM ASY’ARI BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131310000588_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131310000588_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (90kB)
131310000588_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (75kB)
131310000588_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (47kB)
131310000588_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (69kB)
131310000588_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (25kB)
131310000588_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah Keberhasilan tujuan pendidikan (output) sangat ditentukan oleh implementasinya (proses), kemudian implementasi tersebut sangat dipengaruhi oleh tingkat kesiapan segala hal (input) yang diperlukan untuk berlangsungnya implementasi, untuk menghasilakn output yang berkualiats maka diperlukan peran guru serta memiliki kompetensi yang sesuai dalam mengajar seperti kompetesi pedagogik.
Adapun tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk menganalisis peran dan kompetensi guru dalam menciptakan situasi belajar mengajar yang efektif pada mata pelajaran fiqih DI MA Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017.(2) Untuk menganalisis sejauh mana pengaruh peran dan kompetensi guru dalam menciptakan situasi belajar mengajar yang efektif pada mata pelajaran fiqih DI MA Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini menggunakan Metode deskriptif kualitatif.penelitian deskriptif yaitu sebuah penelitian yang berupaya untuk menggambarkan suatu fenomena sesuai dengan kenyataan yang ada. Adapun pendekatan yang penulis gunakan adalah pendekatan kualitatif. Metodologi kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati Jenis penelitian yang dimaksudkan disini adalah jenis pengumpulan data yang di mana penulis langsung terjun ke lapangan untuk memperoleh data yang benar-benar dapat dipercaya sebagai bahan kajian data. Subjek dalam penelitian ini adalah guru materi pelajaran fiqih di MA Hasyim Asyari Bangsri.
Hasil pembahasan:Dari hasil penelitian yang dilakukan menjelaskan bahwa peran dan kompetensi guru dalam menciptakan situasi belajar mengajar yang efektif pada mata pelajaran fiqih di MA Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara, hal ini sesuai dengan terciptanya kondisi belajar mengajar yang baik dan guru mata pelajaran fiqih dapat mencapai kurikulum atau standar kompetensi yang ditetapkan serta pembelajaran sesuai dengan pedoman pembelajaran yang berdasarkan kompetensi dasar, indikator pembelajaran serta bahan ajar. Peran dan kompetensi pedagogik guru mata pelajaran fiqih DI MA Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara dalam menciptakan situasi belajar mengajar yang efektif tergolong baik karena hal ini terbukti dalam hasil nilai kriteria ketuntasan minimum belajar yaitu 7.50 dan yang di bawah nilai KKM 7.50 hanya 8 dari 29 siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Maswan, MM. |
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Kompetensi Pedagogik, Situasi Belajar Mengajar Yang Efektif. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Pedagogi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 09 Jan 2023 01:34 |
Last Modified: | 09 Jan 2023 01:34 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3950 |