NUR IZZANATUL JANNAH, 131310000828 (2017) NILAI PENDIDIKAN MORAL YANG TERKANDUNG DALAM NOVEL (Ma Yan) KARYA SANIE B KUNCORO. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131310000828_COVER.pdf - Published Version
Download (911kB) | Preview
131310000828_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (270kB)
131310000828_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (419kB)
131310000828_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (356kB)
131310000828_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (279kB)
131310000828_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (141kB)
131310000828_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui apa saja nilai pendidikan moral yang terkandung dalam novel Ma Yan karya Sanie B. Kuncoro. 2) Untuk mengetahui relevansi pendidikan moral terhadap pendidikan islam
Nilai kehidupan sebagai norma dalam masyarakat, menyangkut nilai baik buruk sehingga menyangkut tentang moral. Moral adalah keterkaitan spiritual pada norma-norma yang telah ditetapkan, baik yang bersumber ajaran agama, budaya masyarakat atau dari tradisi berfikir secara ilmiah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan ini menggunakan studi fenomenologis (Phenomenological studies) mencoba mencari arti dari pengalaman dalam kehidupan. Peneliti menghimpun data berkenaan dengan konsep, pendapat, sikap, penilaian dan pemberian makna terhadap situasi atau pengalaman-pengalaman dalam kehidupan. Tujuan dari penelitian fenomenologis adalah mencari atau menemukan makna dari hal-hal yang esensial atau mendasar dari pengalaman hidup tersebutMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiyah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, tekhnik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi, analisis data bersifat induktif dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi.
Adapun analisi nilai-nilai pendidikan moral dari novel Ma Yan adalah :
1.Moral terhadap Allah : iman kepada Allah, iman kepada qada’ dan qadar, beribadah, berdoa, tawakal, berpuasa,
2.Moral terhadap diri sendiri : optimis dan pantang menyerah, disiplin, percaya diri,
3.Moral terhadap sesama mausia : jujur, berbakti kepada orang tua, memenuhi janji, tolong-menolong
Dari hasil penelitian diatas, penulis menyimpulkan bahwa relevansi nilai-nilai pendidikan moral dalam novel Ma Yan karya Sanie B. Kuncoro terhadap pendidikan Islam dari analisi dan teori relevan. Termasuk relevansi terhadap tujuan pendidikan Islam sangat relevan, karena sama-sama mengajarkan hal-hal yang mengenai pembentukan sikap agar menjadi insan kamil.
Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para siswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan dilingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UNISNU Jepara.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Maswan, MM. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral 800 Kesusastraan > 813 Fiksi Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 05 Jan 2023 08:00 |
Last Modified: | 05 Jan 2023 08:00 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3948 |