NUR AIFA FITRIANI, 131310001488 (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKPOSITORI DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs DARUL ULUM SRIKANDANG BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131310001488_COVER.pdf - Published Version
Download (704kB) | Preview
131310001488_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (241kB)
131310001488_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (390kB)
131310001488_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (836kB)
131310001488_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (115kB)
131310001488_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (145kB)
131310001488_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (870kB)
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah melihat bahwa keberhasilan suatu proses pembelajaran sangat bergantung terhadap tujuan pembelajaran. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, seorang guru harus menguasai teknik-teknik pembelajaran, salah satunya adalah strategi pembelajaran yang merupakan seluruh komponen materi pembelajaran dan prosedur atau tahapan kegiatan belajar yang digunakan oleh guru dalam rangka membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran.Salah satu strategi pembelajaran yang sering digunakan adalah strategi pembelajaran ekspositori.
Sehubungan dengan itu, maka penulis akan mengkaji lebih lanjut tentang penerapan strategi pembelajaran ekspositori dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan pengumpulan datanya dengan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara, kemudian data yang diperoleh dianalisa dengan metode kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan analisis data.Adapun rumusan masalah yang dikaji adalah: (1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran ekspositori pada pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs DU srikandang? (2) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan strategi pembelajaran ekspositori di MTs DU Srikandang?
Dari hasil penelitian ini terungkap bahwa penerapan strategi pembelajaran ekspositori di MTs Darul Ulum melalui empat tahap yakni persiapan, pertautan, penyampaian materi dan evaluasi. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan strategi pembelajaran ekspositori di MTs Darul Ulum Srikandang meliputi, faktor internal yakni kemampuan guru, faktor eksternal yakni perbedaan kemampuan siswa dan kelengkapan saran dan prasaran.
Dalam proses pembelajaran Aqidah Akhlak, guru jarang sekali menggunakan metode yang lebih bervariatif karena terbatasnya sarana dan prasarana. Dalam hal ini tentu lembaga pendidikan perlu memperhatikan kelengkapan sarana dan prasarana yang mendukung pelaksanaan proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Strategi Pembelajaran Ekspositori, Pembelajaran Aqidah Akhlak. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 05 Jan 2023 07:17 |
Last Modified: | 05 Jan 2023 07:17 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3947 |