NILA AMALIA, 131310000820 (2017) TRADISI MITONI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK PRANATAL DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131310000820_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131310000820_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (556kB)
131310000820_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
131310000820_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (697kB)
131310000820_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (980kB)
131310000820_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (191kB)
131310000820_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: (1) Apa yang dimaksud dengan tradisi mitoni dalam perspektif Islam? (2) Bagaimana proses pendidikan anak pranatal dalam perspektif Islam? (3)Bagaimana implikasi tradisi mitoni terhadap pendidikan anak prenatal dalam perspektif Islam?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mendiskripsikan tradisi mitoni dalam perspektif Islam. (2) Untuk mendiskripsikan pendidikan anak pranatal dalam perspektif Islam. (3) Untuk mendiskripsikan implikasi tradisi mitoni terhadap pendidikan anak pranatal dalam perspektif Islam.
Penelitian ini menggunakan Metode Riset Perpustakaan (library research), yaitu pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Dokumen bisa berbentuk tulisan, gambar, atau karya-karya monumental dari seseorang. dengan Teknik Analisis Deskriptif Kualitatif, yaitu Data yang terkumpul berbentuk kata-kata atau gambar, sehingga tidak menekankan pada angka. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan: (1) Metode content analysis, (2) Metode analisis deskriftif. Yaitu teknik apapun yang digunakan untuk menarik kesimpulan melalui usaha menemukan karakteristik pesan, dan dilakukan secara objektif dan sistematis, serta dengan pengambaran atau melukiskan keadaan subyek atau obyek penelitian (seseorang, lembaga, masyarakat, dan lain-lain) pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya. Dalam hal ini memaparkan, menyusun, serta mengurutkan data-data tentang tradisi mitoni dan amalan-amalannya, pendidikan pranatal dalam Islam, serta implikasi tradisi mitoni terhadap pendidikan anak pranatal.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tradisi mitoni dalam perspektif Islam adalah aktifitas ibadah yang dilakukan manusia dengan berdzikir, membaca al-Qur'an, bersedekah dalam rangka ikhtiar agar anak yang berada di dalam kandungan kelak ditakdir oleh Allah SWT sebagai orang yang berumur panjang untuk beribadah, diberi rizki yang lapang lagi halal, dan menjadi orang yang beruntung di dunia maupun akhirat upacara tersebut dilaksanakan pada saat usia kehamilan sekitar tujuh bulan, karena pada saat itu sempurnalah janin dalam bentuk manusia yang mulai siap dilahirkan di dunia. (2) Pendidikan anak pranatal dalam perspektif Islam adalah bimbingan yang dilakukan oleh orang tua kepada anak yang masih tumbuh dan berkembang dalam kandungan menurut ajaran Islam. (3) Implikasi tradisi mitoni terhadap pendidikan anak pranatal dalam perspektif Islam sangat erat, karena terkandung nilai ibadah (nilai ketaqwaan, optimis, dan rendah diri). Tradisi mitoni merupakan sebagian di antara cara mendidik anak pranatal dalam Islam.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Unisnu Jepara.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : H. Mufid, M.Ag. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 390 Adat Istiadat > 392 Adat Istiadat Setempat |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 05 Jan 2023 03:40 |
Last Modified: | 05 Jan 2023 03:40 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3942 |