NANIK NUR AZIZAH, 131310001520 (2017) SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN KEDISIPLINAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH MANBAUL FALIHIN NGABUL TAHUNAN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
|
Text
131310001520_COVER.pdf - Published Version Download (295kB) | Preview |
|
![]() |
Text
131310001520_BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
|
![]() |
Text
131310001520_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (348kB) |
|
![]() |
Text
131310001520_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
|
![]() |
Text
131310001520_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
|
![]() |
Text
131310001520_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
|
|
Text
131310001520_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (186kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang : 1) mengetahui supervisi Kepala Madrasah dalam peningkatan kedisiplinan guru di MI Manbaul Falihin Ngabul Tahunan Jepara, 2) kedisiplinan guru di MI Manbaul Falihin Ngabul Tahunan Jepara, dan 3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat supervisor dalam peningkatkan kedisiplinan guru di MI Manbaul Falihin Ngabul Tahunan Jepara.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sesuai dengan obyek kajian, maka penelitian ini adalah penelitian lapangan. Di sini peneliti mengambil lokasi di MI Manbaul Falihin Ngabul Tahunan Jepara. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Supervisi Kepala Madrasah dalam peningkatan kedisiplinan guru di MI Manbaul Falihin Ngabul Tahunan Jepara di antaranya: a) membuat tata tertib madrasah, b) sosialisasi tata tertib, c) pengawasan, d) pemeriksaan, e) pendisiplinan, dan di dalam kegiatan pendisiplinan mencakup: (1) memberlakukan absensi dengan media finger print, (2) pemberlakuan denda, 2). Tingkat kedisiplinan guru di MI Manbaul Falihin Ngabul Tahunan Jepara dapat diketahui melalui 3 (tiga) indikator penilaian: a) kehadiran di madrasah, b) kesesuaian dengan kegiatan pembelajaran di dalam kelas, dan c) kepatuhan terhadap tata tertib madrasah, sementara jika diprosentasikan tingkat kedisiplinan guru mencapai 80%, dengan kategori baik, akan tetapi masih belum mencapai kedisiplinan secara penuh. (3) melakukan supervisi tidak langsung (kolaboratif), (4) melakukan supervisi terus terang, dan (5) peneguran, 3). Faktor pendukung dan penghambat kegiatan supervisi guna meningkatkan kedisiplinan guru di MI Manbaul Falihin Ngabul Tahunan Jepara di antaranya: a) faktor pendukung: (1) sarana finger print, (2) kebijakan sertifikasi guru, b) faktor penghambat: (1) sangsi kedinasan, (2) penyampaian secara hati-hati, dan (3) kesibukan Kepala Madrasah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : H. Mufid, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Supervisi, Kepala Madrasah, Kedisiplinan, Guru. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 05 Jan 2023 03:03 |
Last Modified: | 05 Jan 2023 03:03 |
URI: | http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3934 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |