MUNZIDAH, 131310000909 (2017) PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING MODEL STAD (Student Teams Achievement Divisions) PADA PEMBELAJARAN SKI KELAS VIIA MTS AL-ISRO’ MINDAHAN BATEALIT JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131310000909_COVER.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
131310000909_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (418kB)
131310000909_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (264kB)
131310000909_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (290kB)
131310000909_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (176kB)
131310000909_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (195kB)
131310000909_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi Cooperative Learning model STAD pada mata pelajaran SKI siswa kelas VIIA. 2) Untuk mengetahui problematika dan solusi yang diambil dalam pelaksanaan strategi Cooperative Learning model STAD pada mata pelajaran SKI siswa kelas VIIA. 3). Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan strategi Cooperative Learning model STAD pada mata pelajaran SKI siswa kelas VIIA.
Penelitian ini dilaksanakan di Lembaga Pendidikan Madrasah Tsanawiyah Al-Isro’ Mindahan Batealit Jepara tahun 2017/2018, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif kemudian menganalisis data dengan menggunakan metode Miles dan Huberman yaitu analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Untuk mendapatkan data di lapangan digunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian Penerapan Strategi Cooperative Learning Model STAD (Student Teams Achievement Divisions) Pada Pembelajaran SKI Kelas VIIA MTs Al-Isro’ Mindahan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018 adalah bahwa pengajar juga mengimplementasikan dua metode pembelajaran, yaitu: metode ceramah dan metode tanya jawab.
Penerapan Strategi Cooperative Learning Model STAD Mapel SKI Kelas VIIA di MTs al-isro’ Mindahan Batealit Jepara menemui beberapa problematika, yaitu: kurangnya kesiapan mental peserta didik belajar secara berkelompok, perbedaan kemampuan siswa yang heterogen, alokasi waktu pembelajaran yang singkat dan kecenderungan tim ahli yang individualis.
Faktor yang mendukung penerapan model STAD mapel SKI Kelas VIIa MTs Al-Isro’ Tahun Pelajaran 2017/2018 yaitu: adanya persamaan latar belakang ekonomi dan sosial budaya, siswa kelas VIIa sangat mudah diarahkan, adanya sarana dan fasilitas yang mendukung, siswa tidak terlalu menggantungkan pada guru.
Faktor Penghambatnya yaitu: kurangnya kesiapan peserta didik menerima model pembelajaran yang baru, keterbatasan waktu pembelajaran yang tergolong singkat, keadaan peserta didik yang masih bersifat individualis, kurangnya pemahaman dari pendidik dan para peserta didik bahwa model pembelajaran STAD itu sangat efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. H. Mahalli, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | STAD, MTs. Al-Isro’. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 05 Jan 2023 02:38 |
Last Modified: | 05 Jan 2023 02:38 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3925 |