MIFTAHUL FAIZAH, 131310001654 (2017) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL-QUR’AN SURAT AL-’ALAQ AYAT 1-5. Skripsi thesis, UNISNU.
131310001654_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131310001654_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (446kB)
131310001654_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (247kB)
131310001654_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (455kB)
131310001654_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (267kB)
131310001654_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (251kB)
131310001654_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pertama, Bagaimana karakteristik Pendidikan Islam yang tersirat dalam al-Qur’an surat al-‘Alaq ayat 1-5. Kedua, Bagaimanakah Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Perspektif al-Qur’an surat al-‘Alaq ayat 1-5, ketiga, Bagaimana kaitan al-Qur’an surat al-‘Alaq ayat 1-5 dengan tahapan nilai-nilai pendidikan Islam.
Skripsi ini dilakukan dengan metode kualitatif melalui pendekatan library research dengan cara mencari, mengumpulkan, membaca dan menganalisis buku-buku yang ada relevansinya dengan masalah penelitian. Kemudian diolah sesuai dengan kemampuan penulis. Dalam menganalisis data yang terkumpul, penulis menggunakan metode content analisis (analisis isi) dengan cara menafsirkan QS. al-‘Alaq/96:1-5 dengan memaparkan Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam ayat tersebut serta menjelaskan makna yang terdapat di dalamnya dan menjelaskan isi kandungannya.
Dari hasil penelitian penulis, dapat disimpulkan bahwa Nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam surat al-‘Alaq ayat 1-5 adalah: pertama, seorang murid itu mempunyai semangat untuk mencari ilmu yang cukup tinggi dan mengawalinya dengan upaya penyucian jiwa, sehingga muncul dalam dirinya sikap tawadhu’ yang akan memudahkan dirinya dalam pembelajaran. Kedua, seorang guru tidak secara langsung memberikan pengajaran kepada murid. Terlebih dahulu guru harus mencairkan suasana, baik dengan permainan maupun dengan cara lain, sehingga memudahkan murid dalam mencerna apa yang disampaikan guru. ketiga, Perintah membaca, menelaah, menyampaikan, meneliti, dari sebagainya, dalam ayat di atas dikaitkan dengan keharusan menyebut nama Tuhan. Pengaitan ini merupakan syarat mutlak sehingga menuntut si pembaca bukan sekadar melakukan bacaan dengan ikhlas, tetapi juga antara lain dapat memilih bacaan-bacaan yang tidak mengantarkannya kepada hal-hal atau perbuatan yang tidak bertentangan dengah nama Allah. Keempat, ayat ini memberikan informasi tentang pentingnya memahami asal usul dan proses kejadian manusia dengan segenap potensi yang ada dalam dirinya. Kelima, Uraian tentang kekuasaan Allah swt ini amat membantu dalam merumuskan tujuan pendidikan, yaitu agar manusia senantiasa menyadari dirinya sebagai ciptaan Allah yang harus patuh dan tunduk kepadanya.
Adapun lima ayat dari surah al-’Alaq terdapat empat hal yang dapat dijadikan pijakan dalam tahapan nilai-nilai pendidikan Islam. Keempat hal tersebut adalah: pelajaran yang harus disampaikan adalah hal-hal yang bersifat indrawi, bersifat abstrak dan spriritual, proses pembelajaran yang berujung pada kemampuan menuliskan gagasan, mendapatkan pengetahuan secara langsung dari Allah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dr.H.A.Barowi,M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Nilai-Nilai Pendidikan, Al-Quran Surat Al-‘Alaq Ayat 1-5 |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.6 Kandungan Al-Qur'an 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 04 Jan 2023 07:17 |
Last Modified: | 04 Jan 2023 07:17 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3910 |