Search for collections on Publications

IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS (Studi kasus Pada Home Industry Tenun Ikat Cokro Sembilan)

MITA AYU KUSNIA, 141130001508 (2021) IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS (Studi kasus Pada Home Industry Tenun Ikat Cokro Sembilan). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of SKRIPSI PENUH.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI PENUH.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam era globalisasi saat ini, perkembangan perekonomian dunia begitu pesat sehingga menyebabkan kebutuhan manusia semakin meningkat. Kebutuhan tersebut meningkat diakibatkan banyaknya jumlah penduduk yang setiap bulannya terus bertambah sehingga menimbulkan persaingan bisnis yang semakin tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya manusia yang bekerja keras dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya.
Skripsi yang berjudul “Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis (Studi kasus pada Home Industri Tenun ikat Cokro Sembilan)” ini merupakan hasil penelitian field research atau lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab bagaimana analisis prinsip etika bisnis Islam yang diimplementasikan oleh home industri tenun ikat Cokro Sembilan dalam menghadapi persaingan bisnis.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis implementasi etika bisnis islam dalam menghadapi persaingan bisnis pada home industry tenun ikat Cokro Sembilan.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Untuk pengumpulan data penulis melakukan observasi dan wawancara terhadap informan dalam penelitian ini yaitu pemilik, karyawan, dan lawan bisnis home industri tenun ikat Cokro Sembilan.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa home industri tenun ikat Cokro Sembilan telah menerapkan empat prinsip etika bisnis Islam yaitu tauhid,
keseimbangan, kebebasan, dan tanggung jawab. Untuk tauhid, Cokro Sembilan
memperlakukan karyawannya dengan adil karena beliau yakin setiap tindakan yang dilakukan diawasi oleh Allah Swt. Kemudian untuk keseimbangan, Cokro Sembilan menentukan harganya sesuai dengan production cost (biaya produksi) sehingga menghasilkan harga yang sesuai dengan mekanisme pasar. Untuk kebebasan, pemilik bebas berkarya dan bekerja dengan kemampuan yang dimilikinya tanpa merugikan pengusaha lain. Untuk tanggung jawab, pemilik memberi upah karyawannya sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan. Secara keseluruhan, penerapan tersebut sudah sesuai dengan etika bisnis Islam.
Home industri tenun ikat Cokro Sembilan diharapkan bisa mempertahankan keistiqomahan dalam menerapkan etika bisnis Islam agar tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Aan Zainul Anwar, SHI., M.E.Sy
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam, Persaingan Bisnis, Home Industri Tenun ikat Cokro Sembilan
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 170 Etika dan Filsafat Moral > 174.4 Etika Bisnis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan UNISNU Jepara
Date Deposited: 24 Oct 2021 06:08
Last Modified: 24 Oct 2021 06:08
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/388

Actions (login required)

View Item
View Item