Search for collections on Publications

STRATEGI PUBLIC RELATION DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN MASYARAKAT PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) RA. KARTINI

SUHARYANTI, 131110000829 (2016) STRATEGI PUBLIC RELATION DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN MASYARAKAT PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) RA. KARTINI. Skripsi thesis, UNISNU.

[thumbnail of 131110000829_COVER.pdf]
Preview
Text
131110000829_COVER.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 131110000829_BAB I.pdf] Text
131110000829_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[thumbnail of 131110000829_BAB II.pdf] Text
131110000829_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[thumbnail of 131110000829_BAB III.pdf] Text
131110000829_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[thumbnail of 131110000829_BAB IV.pdf] Text
131110000829_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[thumbnail of 131110000829_BAB V.pdf] Text
131110000829_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[thumbnail of 131110000829_Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
131110000829_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview

Abstract

Strategi public relations sangat dibutuhkan untuk mengkomunikasikan informasi antara organisasi dengan publiknya secara terencana. Permasalahan yang muncul dalam rumah sakit seringkali dalam memberikan informasi kepada masyarakat walaupun sudah diusahakan maksimal, akan tetapi kadang ada permasalahan yang kadang perlu dihadapi. Masalah yang muncul sebenarnya tidak muncul dari RSU Kartini Jepara tapi dari berbagai pemberitaan dimedia massa terutama dari Jakarta. Hal ini membuat manajemen membuat strategi untuk mengambil langkah tidak hanya pemulihan nama baik RSU tapi juga informasi pencegahan agar kasus malpraktek tidak terjadi di RSU dan nama baik RSU sebagai identitas pelayanan kesehatan yang utama di Jepara dapat terjaga. Identitas nama baik RSU tidak semata-mata terbentuk begitu saja atau sudah ada. Identitas RSU terbentuk melalui serangkaian proses panjang yang tidak mudah. Perjalanan ini mengantarkan RSU dari identitas menuju pada reputasi RSU
Kartini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran public relation (Humas) RSUD RA. Kartini Jepara dalam membangun kepercayaan masyarakat. Menganalisis strategi public relation (Humas) RSUD RA. Kartini Jepara dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat. Metode penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan wawancara kemudian dilakukan analisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil analisis ternyata kegiatan public relations melalui customer relation di rumah sakit RSUD RA. Kartini Jepara di bagi menjadi dua yaitu internal customer relations dan external customer relations. Internal customer RSUD RA. Kartini Jepara adalah para karyawan yang bekerja di rumah sakit, mulai dari para pekerja hingga direksi. Dalam membina hubungan dengan para karyawan, pihak rumah sakit berupaya memberikan motivasi dan dukungan baik dalam hal peningkatan kesejahteraan maupun dalam hal pengembangan karier, yang kapasitasnya disesuaikan dengan kemampuan rumah sakit. Public Relation di RSUD RA. Kartini Jepara berhubungan erat dengan kepercayaan pasien yang positif, terutama dalam kaitannya dengan pelayanan dan fasilitas yang diberikan untuk menciptakan kondisi tersebut. Pihak RSUD RA. Kartini Jepara senantiasa berusaha memberikan pengertian kepada para perawat, melalui pelatihan- pelatihan mengenai customer service secara berkesinambungan dan terus-menerus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Samsul Arifin, SE, MM
Uncontrolled Keywords: Strategi Public Relation, Kepercayaan Masyarakat dan Rumah Sakit
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 300 Sosiologi dan Antropologi > 302 Interaksi Sosial > 302.2 Komunikasi > 302.224 Komunikasi Verbal
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.3 Manajemen Sumber Daya Manusia > 658.31 Rekruitmen Pegawai, Seleksi Pegawai, Pendidikan dan Training Karyawan, Pengembangan Karyawan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 03 Jan 2023 02:12
Last Modified: 03 Jan 2023 02:12
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3874

Actions (login required)

View Item
View Item