HANA HANIFAH, 131110000970 (2016) ANALISIS PENGARUH DIFERENSIASI, VARIASI DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Pelanggan Sepeda Motor Merek Honda di Kecamatan Bangsri, Jepara). Skripsi thesis, UNISNU.
131110000970_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131110000970_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (280kB)
131110000970_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (256kB)
131110000970_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (539kB)
131110000970_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (484kB)
131110000970_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (185kB)
131110000970_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
Abstract
Era globalisasi saat ini membuat persaingan dalam dunia usaha semakin ketat dan kompleks. Demikian pula dengan persaingan bisnis di industri sepeda motor di Indonesia. Semakin ketatnya persaingan, membuat masing-masing perusahaan untuk menciptakan produk yang dapat menarik perhatian pelanggan. Hal tersebut juga harus dilakukan oleh sepeda motor merek Honda supaya tetap mempertahankan posisinya sebagai market leader. Di Kecamatan Bangsri, Jepara persaingan terjadi karena banyaknya alternatif pilihan produk merek sepeda motor dengan masing-masing keunggulannya sehingga dapat mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan. Oleh karena itu, untuk tetap mempertahankan pelanggan lama serta memperoleh pelanggan baru maka perlu adanya upaya untuk meningkatkan keputusan pembelian pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh diferensiasi, variasi dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian.
Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan sepeda motor merek Honda di Kecamatan Bangsri, Jepara. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik area sampling, dengan responden sebanyak 96 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F serta analisis koefisien determinasi (R2) dengan menggunakan program SPSS for windows 19.0.
Hasil penelitian berdasarkan koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa keputusan pembelian dipengaruhi oleh diferensiasi produk, variasi produk dan inovasi produk sebesar 54,7% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Secara parsial berdasarkan uji t variabel-variabel dalam penelitian ini berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dimana inovasi produk memiliki pengaruh terbesar sedangkan variasi produk memiliki pengaruh paling kecil terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel diferensiasi produk, variasi produk dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi diferensiasi, variasi dan inovasi produk maka keputusan pembelian pelanggan sepeda motor merek Honda akan semakin meningkat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Hj. Nurul Komaryatin,S.E.,M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Diferensiasi Produk, Variasi Produk, Inovasi Produk, Keputusan Pembelian |
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.5 Manajemen Produksi 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.8342 Perilaku Konsumen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 02:57 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 02:57 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3852 |