MUHAMMAD TEGUH DARMAWAN, 131310000572 (2017) RELEVANSI KONSEP DZIKIR LISAN DAN APLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT PROF. DR. H.M. AMIN SYUKUR MA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131310001796_COVER.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
131310001796_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (108kB)
131310001796_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (229kB)
131310001796_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (284kB)
131310001796_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (135kB)
131310001796_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (102kB)
131310001796_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (257kB)
Abstract
Penelitian ini adalah bedah buku atau kepustakaan yang mengacu pada pemikiran Prof. Dr. H.M. Amin Syukur MA tentang Relevansi Konsep Dzikir dan Aplikasinya dalam Pendidikan Islam.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui analisis konsep dzikir menurut Prof. Dr. H.M. Amin Syukur, MA. Aplikasi beserta relevansinya dalam pendidikan Islam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dimana penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian deskriptif kualitatif adalah suatu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individu maupun kelompok.
Upaya yang direkomenadikan oleh Prof. Dr. H.M. Amin Syukur, MA supaya dilakukan manusia pada umunya dan khususnya yang beragama Islam adalah konsep dzikir bukan sekedar berucap pada kalimat-kalimat Allah, melainkan konsep dzikir merupakan ucapan dan tindakan nyata yang dilakukan dengan sungguh-sungguh karena zikir sendiri merupakan penenang jiwa, untuk itu relevansinya dalam pendidikan Islam yang bagian dari bentuk transaksi internalisasi nilai-nilai agama perlu di seimbangkan dengan konsep dzikir.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep dzikir sebagai perbuatan ibadah, menurut Amin Syukur adalah sebagai salah satu bentuk ibadah makhluk, khususnya manusia kepada Allah dengan kesadaran mengingat kepada-Nya. Begitu juga dengan pendidikan, bahwasannya pendidikan adalah bentuk kesadaran untuk membentuk manusia yang lebih baik dari pada sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dr. H. Subaidi, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Relevansi Konsep Zikir, Aplikasi dalam Pendidikan Islam. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X5.1 Akhlak (Akhlaq) > 2X5.4 Doa dan Zikir 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 07:15 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 07:15 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3818 |