Search for collections on Publications

RELEVANSI KONSEP DZIKIR LISAN DAN APLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT PROF. DR. H.M. AMIN SYUKUR MA

MUHAMMAD TEGUH DARMAWAN, 131310000572 (2017) RELEVANSI KONSEP DZIKIR LISAN DAN APLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT PROF. DR. H.M. AMIN SYUKUR MA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 131310001796_COVER.pdf]
Preview
Text
131310001796_COVER.pdf - Published Version

Download (440kB) | Preview
[thumbnail of 131310001796_BAB I.pdf] Text
131310001796_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[thumbnail of 131310001796_BAB II.pdf] Text
131310001796_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[thumbnail of 131310001796_BAB III.pdf] Text
131310001796_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[thumbnail of 131310001796_BAB IV.pdf] Text
131310001796_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[thumbnail of 131310001796_BAB V.pdf] Text
131310001796_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[thumbnail of 131310001796_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
131310001796_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)

Abstract

Penelitian ini adalah bedah buku atau kepustakaan yang mengacu pada pemikiran Prof. Dr. H.M. Amin Syukur MA tentang Relevansi Konsep Dzikir dan Aplikasinya dalam Pendidikan Islam.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui analisis konsep dzikir menurut Prof. Dr. H.M. Amin Syukur, MA. Aplikasi beserta relevansinya dalam pendidikan Islam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dimana penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian deskriptif kualitatif adalah suatu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individu maupun kelompok.
Upaya yang direkomenadikan oleh Prof. Dr. H.M. Amin Syukur, MA supaya dilakukan manusia pada umunya dan khususnya yang beragama Islam adalah konsep dzikir bukan sekedar berucap pada kalimat-kalimat Allah, melainkan konsep dzikir merupakan ucapan dan tindakan nyata yang dilakukan dengan sungguh-sungguh karena zikir sendiri merupakan penenang jiwa, untuk itu relevansinya dalam pendidikan Islam yang bagian dari bentuk transaksi internalisasi nilai-nilai agama perlu di seimbangkan dengan konsep dzikir.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep dzikir sebagai perbuatan ibadah, menurut Amin Syukur adalah sebagai salah satu bentuk ibadah makhluk, khususnya manusia kepada Allah dengan kesadaran mengingat kepada-Nya. Begitu juga dengan pendidikan, bahwasannya pendidikan adalah bentuk kesadaran untuk membentuk manusia yang lebih baik dari pada sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Subaidi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Relevansi Konsep Zikir, Aplikasi dalam Pendidikan Islam.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X5.1 Akhlak (Akhlaq) > 2X5.4 Doa dan Zikir
200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 29 Dec 2022 07:15
Last Modified: 29 Dec 2022 07:15
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3818

Actions (login required)

View Item
View Item