APRILIA DEVI KRISNAMURTI ROSIDHAYANTI, 131110000852 (2016) ANALISIS FAKTOR PSIKOLOGIS KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KUE (Studi Kasus pada Dievo Cake Desa Langon Tahunan Jepara). Skripsi thesis, UNISNU.
131110000852_COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
![[thumbnail of 131110000852_BAB I.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131110000852_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (42kB)
![[thumbnail of 131110000852_BAB II.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131110000852_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (82kB)
![[thumbnail of 131110000852_BAB III.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131110000852_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (67kB)
![[thumbnail of 131110000852_BAB IV.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131110000852_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (157kB)
![[thumbnail of 131110000852_BAB V.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131110000852_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (26kB)
131110000852_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan di dunia bisnis yang semakin pesat dan ketat serta semakin banyaknya produsen yang bergerak di bidang yang sama sehingga membuat konsumen sulit menentukan pilihan sesuai dengan kebutuhan mereka. Keputusan konsumen dalam membeli sebuah produk dipengaruhi oleh banyak faktor, baik faktor dari dalam diri sendiri, maupun faktor dari luar diri sendiri atau lingkungannya. Faktor psikologis konsumen merupakan faktor yang sering muncul dari dalam perilaku pembelian konsumen yaitu motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap yang masing-masing berbeda pada setiap konsumen. Ditengah persaingan bisnis pengolahan makanan terutama kue, Dievo Cake optimis mampu bersaing mendapatkan perhatian konsumen melalui kekuatan rasa serta inovasi produk yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel motivasi (X1), persepsi (X2), pembelajaran (X3), keyakinan dan sikap (X4) berpengaruh positif baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian kue pada Dievo Cake. Metode yang digunakan adalah accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 97 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi berganda, pengujian asumsi klasik, pengujian hipotesis (Uji-t dan Uji-F), dan koefisien determinasi.
Hasil analisis regresi berganda didapat persamaan Y = 0,166X1 + 0,190X2 + 0,196X3 + 0,430X4, artinya motivasi (X1), persepsi (X2), pembelajaran (X3), keyakinan dan sikap (X4) mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian kue pada Dievo Cake. Pengujian hipotesis menggunakan Uji-t menunjukkan bahwa secara parsial keempat variabel bebas yang diteliti berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat. Kemudian melalui pengujian hipotesis menggunakan uji-F menunjukkan bahwa secara bersama-sama terdapat pengaruh positif antara variabel motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap terhadap keputusan pembelian, hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung (27,643) > Ftabel (2,47) dan nilai probabilitas signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa keempat variabel bebas mempunyai kontribusi terhadap variabel terikat sebesar 52,6% sedangkan sisanya sebesar 47,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diterangkan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Noor Arifin, S.E., M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Keyakinan Dan Sikap, Keputusan Pembelian. |
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.8342 Perilaku Konsumen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 07:01 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 07:01 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3811 |