Search for collections on Publications

NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM ANIMASI “PADA ZAMAN DAHULU” DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN AKHLAK

MUHAMMAD JAUHAR MAKNUN, 131310000806 (2017) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM ANIMASI “PADA ZAMAN DAHULU” DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN AKHLAK. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 131310002025_COVER.pdf]
Preview
Text
131310002025_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 131310002025_BAB I.pdf] Text
131310002025_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[thumbnail of 131310002025_BAB II.pdf] Text
131310002025_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[thumbnail of 131310002025_BAB III.pdf] Text
131310002025_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[thumbnail of 131310002025_BAB IV.pdf] Text
131310002025_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[thumbnail of 131310002025_BAB V.pdf] Text
131310002025_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[thumbnail of 131310002025_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
131310002025_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) untuk mengetahui nilai-niali pendidikan karakter dalam film animasi “Pada Zaman Dahulu”. 2) untuk mengetahui bagaimana implikasi nilai-nilai pendidikan karater dalam film animasi “Pada Zaman Dahulu” terhadap pendidikan akhlak.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research), yaitu, penelitian yang meneliti data yang berupa naskah-naskah atau majalah-majalah yang bersumber dari khazanah kepustakaan. Metode analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis), yaitu penelitian yang dilakukan terhadap informasi yang didokumentasikan dalam rekaman, baik gambar, suara, ataupun tulisan. Dalam membahas data-data tersebut, penyusun menggunakan metode berfikir induksi yakni preses logika yang berangkat dari data-data empirik lewat observasi menuju kepada suatu teori. Dengan kata lain, induksi adalah proses mengorganisasikan fakta-fakta atau hasil-hasil pengamatan yang terpisah-pisah menjadi suatu rangkaian hubungan atau suatu generalisasi.
Dalam penilitian ini penulis menemukan banyak sekali nilai-nilai pendidikan karakter, seperti: 1) Jujur, 2) Toleransi, 3) Kerja keras, 4) Kreatif, 5) Mandiri, 6) Semangat kebanggan atau nasionalisme, 7) Cinta tanah air, 8) Menghargai prestasi, 9) Komunikatif, 10) Cinta damai, 11) Peduli lingkungan, 12) Peduli social, dan 13) Tanggun jawab.
Implikasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam film animasi “Pada Zaman Dahulu” terhadap pendidikan akhlak adalah sebagai berikut: 1) tujuan pendidikan akhlak yakni Pendidikan akhlak merupakan sub/bagian pokok dari materi pendidikan agama, karena sesunngguhnya agama adalah akhlak, 2) materi pendidikan akhlak yakni pokok-pokok masalah yang dibahas dalam ilmu akhlak pada intinya adalah perbuatan manusia, 3) metode pendidikan akhlak yakni Pembinaan akhlak merupakan tumpuan perhatian utama dalam islam.
Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi lembaga-lembaga pendidikan Islam, guru dan juga wali murid untuk senantiasa menanamkan nilai-nilai pendidikana karakter yang sejalan dengan nilai pendidikan akhlak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Karakter.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 29 Dec 2022 07:00
Last Modified: 29 Dec 2022 07:00
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3810

Actions (login required)

View Item
View Item