MUHAMMAD JAMALUDIN, 131310002025 (2016) PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DALAM MENUMBUHKAN LEARNING COMMUNITY PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI I’ANATUL MUBTADIIN KAWAK PAKISAJI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
|
Text
131310002025_COVER.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
131310002025_BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
|
![]() |
Text
131310002025_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
|
![]() |
Text
131310002025_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
|
![]() |
Text
131310002025_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
|
![]() |
Text
131310002025_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
|
Text
131310002025_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (15kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
Abstract
Penyediaan sumber pembelajaran MI. I’anatul Mubtadiin Kawak Pakisaji Jepara kurang mencukupi karena dana bantuan yang diberikan pemerintah hanya untuk renovasi gedung dan pelebaran tanah madrasah sehingga alokasi dana untuk sumber pembelajaran kurang dipenuhi. Selain itu dari pihak ketua yayasan dan Kepala Sekolah sebagai Learning Community kurang melakukan supervisi terhadap kinerja guru sehingga prestasi siswa dalam Ujian Nasional kurang mencapai hasil yang optimal.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana pemanfaatan Sumber Pembelajaran Fiqih di Kelas V MI. I’anatul Mubtadiin Kawak Pakisaji Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016? Bagaimana Kondisi Learning Community pada Pembelajaran Fiqih di Kelas V MI. I’anatul Mubtadiin Kawak Pakisaji Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016 ? Apa saja factor yang mempengarui Penggunaan Sumber Belajar Dalam Menumbuhkan Learning Community pada mata pelajaran Fiqih di MI. I’anatul Mubtadiin Kawak Pakisaji Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016 ?.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Fiqih dan siswa MI. I’anatul Mubtadiin Kawak Pakisaji Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016.
Dari pembahasan teori yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya, maka penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut : Pemanfaatan Sumber Pembelajaran Fiqih di Kelas V MI. I’anatul Mubtadiin Kawak Pakisaji Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016 adalah menggunakan pola situasi kelas (Classroom Setting) dan pola luar situasi kelas. Kondisi Learning Community pada Pembelajaran Fiqih di Kelas V MI. I’anatul Mubtadiin Kawak Pakisaji Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016 yaitu membentuk komunitas belajar antar kelompok yang dilakukan di dalam dan diluar kelas dengan model heterogen artinya dari setiap kelompok tersebut terdiri dari 4 sampai 6 siswa yang yang terdiri dari berprestasi tinggi, sedang dan rendah. Di luar kelas setiap kelompok mengumpulkan sumber berupa klipping sesuai dengan materi yang dibahas dengan saling memberikan informasi untuk didiskusikan. Factor yang mempengarui Penggunaan Sumber Belajar Dalam Menumbuhkan Learning Community pada mata pelajaran Fiqih di MI. I’anatul Mubtadiin Kawak Pakisaji Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016 yaitu minat siswa, Komunikasi Aktif antara Guru dan Siswa, Kemampuan Berpikir Siswa, Keterbukaan Antara Guru dan Siswa, Daya Serap Siswa dan alokasi waktu.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. H. Mahalli, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Sumber Pembelajaran , Learning Community. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 06:58 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 06:58 |
URI: | http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3808 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |