Search for collections on Publications

ANALISIS PEMIKIRAN DR. AKMAL HAWI, M.AG. TENTANG PEMBINAAN PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

MUHAMMAD IWANUDIN, 131310000564 (2017) ANALISIS PEMIKIRAN DR. AKMAL HAWI, M.AG. TENTANG PEMBINAAN PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 131310000564_COVER.pdf]
Preview
Text
131310000564_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 131310000564_BAB I.pdf] Text
131310000564_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[thumbnail of 131310000564_BAB II.pdf] Text
131310000564_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[thumbnail of 131310000564_BAB III.pdf] Text
131310000564_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[thumbnail of 131310000564_BAB IV.pdf] Text
131310000564_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[thumbnail of 131310000564_BAB V.pdf] Text
131310000564_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[thumbnail of 131310000564_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
131310000564_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)

Abstract

Seorang guru harus belajar terus-menerus karena kondisi yang akan dihadapinya akan selalu berubah, dan akan memengaruhi anak didik, maka dari itu perlu adanya pembinaan bagi para guru untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam menghadapi tantangan dan problem yang akan dihadapi di sekolah. Guru yang dikatakan profesional ia tidak hanya bertugas memberikan suatu teori akan tetapi mampu mendidik siswa kepada nilai-nilai positif dan benar-benar melibatkan siswa secara aktif, dengan demikian aktivitas murid merasa dihargai dalam proses belajar mengajar.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Memahami konsep pemikiran DR. H. Akmal Hawi, M.Ag. tentang pembinaan guru pendidikan agama Islam (2) Memahami konsep pemikiran DR. H. Akmal Hawi, M.Ag. tentang profesionalitas guru pendidikan agama Islam (3) Mengetahui usaha meningkatkan profesionalitas guru pendidikan agama Islam menurut DR. H. Akmal Hawi, M.Ag.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yaitu data yang terkumpul berbentuk kata-kata, gambar bukan angka-angka. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan ini sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari organisasi dan perilaku yang diamati dan diarahkan pada latar alamiah dan individu tersebut secara holistik (menyeluruh)
Tujuan dari pembinaan guru adalah untuk meningkatkan kemampuan profesional guru dalam meningkatkan proses belajar dan hasil belajar melalui pemberian bantuan yang terutama berbentuk layanan profesional kepada guru. Jika proses belajar meningkat maka hasil belajar diharapkan juga mengalami peningkatan. Pembinaan guru dilakukan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar sehingga mendapatkan hasil belajar dan menambah wawasan serta pengetahuan seorang guru.
Guru yang profesional adalah orang yang terdidik dan terlatih dengan baik, serta memiliki pengalaman yang kaya di bidangnya. Profesionalitas guru dalam Pendidikan Agama Islam dapat ditingkatkan melalui beberapa usaha yaitu: Pertama, Pembinaan Aspek Profesional. Kedua, Meningkatkan Peran Guru Sebagai Pendidik. Dan Ketiga, Meningkatkan Penggunaaan Sumber Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Akhirin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam, DR. Akmal Hawi, M.Ag.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 29 Dec 2022 06:56
Last Modified: 29 Dec 2022 06:56
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3806

Actions (login required)

View Item
View Item