MUHAMAD HASAN NAWAWI, 131310001641 (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAY TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VII DI MTs. WAHID HASYIM BANGSRI KABUPATEN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
|
Text
131310001641_COVER.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
![]() |
Text
131310001641_BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (534kB) |
|
![]() |
Text
131310001641_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (606kB) |
|
![]() |
Text
131310001641_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (778kB) |
|
![]() |
Text
131310001641_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (657kB) |
|
![]() |
Text
131310001641_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
|
|
Text
131310001641_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (124kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran role play terhadap hasil belajar Akidah Akhlak materi Akhlak Tercela pada peserta didik kelas VII semester genap MTs. Wahid Hasyim Bangsri tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berdesain eksperimen posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs. Wahid Hasyim Bangsri yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah 69 peserta didik, kemudian dilakukan uji normalitas pada seluruh populasi, maka kelas VII-A ditetapkan sebagai kelas Eksperimen terdiri dari 35 peserta didik diberi perlakuan (treatment) dengan metode pembelajaran Role Play.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode tes. Dari metode dokumentasi diperoleh data peserta didik kelas VII MTs. Wahid Hasyim Bangsri, beserta data nilai rapor pada kelas VII. Sedangkan tes diberikan setelah kelas ekperimen diberi perlakuan.
Dalam menganalisis data nilai post test digunakan uji t pihak kanan. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t pihak kanan tersebut diperoleh thitung = 2,2974 dan dari tabel distribusi t diperoleh ttabel = 1,995 dengan α = 0,05 dan dk = 35+35 – 2 = 68. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Jadi H0 : µ1=µ2 ditolak atau Ha : µ1≠ µ2 diterima. Nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan metode role play yaitu 76,86 dan nilai rata-rata kelas eksperimen sebelum menggunakan metode role play yaitu 71,80. Dari sini terlihat bahwa nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yang diajar dengan metode pembelajaran Role Play pada materi Akhlak Tercela lebih tinggi daripada nilai sebelum menggunakan metode role play. Selain itu, ketuntasan belajar kelas eskperimen mencapai 91,43% dari 35 peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran Role Play terhadap hasil belajar Akidah Akhlak materi Akhlak Tercela pada peserta didik kelas VII semester genap di MTs. Wahid Hasyim Bangsri tahun pelajaran 2016/2017.
Dengan adanya penelitian ini diharapkan para pendidik dapat menerapkan metode pembelajaran Role Play untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi lain yang sesuai. Pendidik juga diharapkan dapat mengembangkan kreativitas variasi pembelajarannya di kelas agar peserta didik semangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Maswan, M.M. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 03:12 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 03:12 |
URI: | http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3793 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |