Search for collections on Publications

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN FIQIH BERBASIS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN KELAS X MA HASYIM ASY’ARI BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

MOH. NAJMUDDIN, 13130000416 (2017) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN FIQIH BERBASIS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN KELAS X MA HASYIM ASY’ARI BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 131310000416_COVER.pdf]
Preview
Text
131310000416_COVER.pdf - Published Version

Download (749kB) | Preview
[thumbnail of 131310000416_BAB I.pdf] Text
131310000416_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[thumbnail of 131310000416_BAB II.pdf] Text
131310000416_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[thumbnail of 131310000416_BAB III.pdf] Text
131310000416_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[thumbnail of 131310000416_BAB IV.pdf] Text
131310000416_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[thumbnail of 131310000416_BAB V.pdf] Text
131310000416_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[thumbnail of 131310000416_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
131310000416_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu bagian dari pendidikan Islam. Proses belajar mengajar merupakan salah satu sub sistem pendidikan agama Islam yang menentukan kualitas mutu pendidikan agama Islam itu sendiri. Tanda – tanda keberhasilan itu dapat dilihat dari berlangsungnya proses belajar mengajar yang terjadi. Dalam proses itu terdapat unsur-unsur penting yang diantara salah satunya adalah unsur pendidik yang paling mempengaruhi proses tersebut. Pendidik menjadi unsur yang berpengaruh karena pendidik berhubungan langsung dengan peserta didik. Sebagus dan seideal apapun kurikulum dan lengkap serta canggihnya sarana prasarana tanpa pendidik yang yang memang mampu mengimplementasikannya maka hasilnya akan kurang maksimal..
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang dipakai untuk mengumpulkan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini Pembelajaran fiqih kelas X di MA Hasyim Asy’ari Bangsri lebih menekankan pada aspek keaktifan dan aktifitas siswa secara penuh dalam proses pembelajaran dikelas. Penggunaan metode dan media pembelajarannya cukup fleksibel. Artinya disesuaikan dengan kondisi peserta didik. Media pendukung yang di gunakan dalam pengembangan metode pembelajaran Fiqih yakni berupa media visual yang ditampilkan dengan menggunakan Laptop dan LCD Proyektor. Sedangkan kendala yang diahadapi guru fiqih adalah faktor tata ruang kelas yang tidak mendukung pemakaian media elektronik seperti Laptop dan LCD sebagai alat bantu media visual. Pendidik kesulitan melakukan penataan Laptop dan LCD, sehingga banyak waktu yang terbuang hanya untuk menata teknis penempatan media tersebut saja.
Reduksi data dalam analisis ini dilakukan dengan merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal yang penting, dicari tema dan polanya, sedangkan data display atau penyajian data dalam penelitian ini adalah dengan bentuk teks yang bersifat naratif. Tahapan ketiga adalah conclution drawing/verivication. Kesimpulan dalam penelitian kualitatif merupakan temuan baru yang sebelumnya belum pernah ada. Temuan ini merupakan diskripisi atau gambaran obyek yang lebih jelas daripada sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajran, Mulitimedia, Pembelajaran, MA Hasyim Asy’ari Bangsri.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 28 Dec 2022 03:05
Last Modified: 28 Dec 2022 03:05
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3788

Actions (login required)

View Item
View Item