MIFTAHUL HUDA, 131310000553 (2017) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM "SABAR DAN SYUKUR" MENURUT IBNU AL-QAYYIM AL-JAUZIYYAH. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131310000553_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131310000553_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (252kB)
131310000553_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (524kB)
131310000553_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (431kB)
131310000553_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (614kB)
131310000553_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (179kB)
131310000553_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah manusia diciptakan oleh Allah sebagai penerima dan pelaksana ajaran dari Allah. Oleh karena itu, Allah melengkapinya dengan akal dan perasaan yang memungkinkannya menerima dan mengembangkan ilmu pengetahuan, dan membudayakan ilmu yang dimilikinya. Buku “Sabar dan Syukur” karya Ibnu Al-Qayyim Al-Jauziyyah memuat banyak intisari nilai-nilai pendidikan Islam dari keutamaan sabar dan syukur dalam kehidupan. Dalam hal sabar dan syukur, seseorang dituntut untuk menahan hawa nafsunya dalam berbagai aspek. Baik itu dalam menjalankan ketaatan, menjauhi maksiat, dan ketika tertimpa musibah.
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui analisis nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku Sabar dan Syukur karya Ibnu Al-Qayyim al-Jauziyyah dan mengkaji relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku Sabar dan Syukur karya Ibnu Al-Qayyim al-Jauziyyah dalam pendidikan Islam. Penulis menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dimana penulis menggunakan pendekatan analitis. Penelitian ini lebih menekankan pada kekuatan analisis data pada sumber-sumber data yang diperoleh dari buku-buku, tulisan-tulisan, dan dengan mengandalkan teori-teori yang ada untuk diinterpretasikan secara luas dan mendalam. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan metode dokumentasi. Sumber data primer penelitian ini adalah buku Sabar dan Syukur karya Ibnu Al-Qayyim al-Jauziyyah. Dalam segi analisisnya, penulis menggunakan metode deskriptif analisis yang dimaksudkan membuka pesan yang terkandung dalam bahasa teks, yakni buku Sabar dan Syukur karya Ibnu Al-Qayyim al-Jauziyyah, mengenai sifat-sifat mendasar yang harus dimiliki oleh seorang pendidik. Selain itu, penulis juga menggunakan metode interpretasi data dan metode berpikir induksi.
Dari hasil analisa penulis, nilai-nilai yang terkandung dalam buku Sabar dan Syukur karya Ibnu Al-Qayyim al-Jauziyyah meliputi tiga aspek, yaitu: 1) Nilai i’tiqadiyah, 2) nilai khuluqiyah, dan 3) nilai amaliyah. Ketiga nilai-nilai tersebut selanjutnya akan penulis analisis untuk dikaji relevansinya dalam pendidikan Islam.
Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para pendidik, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan khususnya di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan UNISNU Jepara.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dr. Sa'adullah Assa'idi, M.Ag. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 28 Dec 2022 03:01 |
Last Modified: | 28 Dec 2022 03:01 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3786 |