MAHBUB JUNAIDI, 131310000674 (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KEDISIPLINAN DI KELAS VII SMP NURUL ISLAM GENENG BATEALIT JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNISNU.
131310000674_COVER.pdf - Published Version
Download (701kB) | Preview
![[thumbnail of 131310000674_BAB I.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310000674_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (106kB)
![[thumbnail of 131310000674_BAB II.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310000674_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (69kB)
![[thumbnail of 131310000674_BAB III.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310000674_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (104kB)
![[thumbnail of 131310000674_BAB IV.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310000674_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (40kB)
![[thumbnail of 131310000674_BAB V.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310000674_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (35kB)
131310000674_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
Abstract
Pendidikan karakter (character education) dalam konteks sekarang sangat releven untuk mengatasi krisis moral yang sedang melanda di negara kita. Krisis tersebut antara lain berupa meningkatnya pergaulan bebas, maraknya angka kekerasan anak-anak dan remaja, kejahatan terhadap teman, pencurian remaja, kebiasaan menyontek, menyalahgunaan obat-obatan, pornografi, dan perusakan milik orang lain sudah menjadi masalah sosial yang hingga saat ini belum dapat diatasi secara tuntas. Selain itu, dalam Islam pendidikan karakter merupakan salah satu tujuan utama di utusnya Rosulullah bagi umat manusia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan faktor yang mempengaruhi Pendidikan Karakter Kedisiplinan di kelas VII SMP Nurul Islam Geneng Batealit Jepara tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini mengambil tiga rumusan masalah yaitu (1) Jenis pendidikan karakter apa saja di SMP Nurul Islam, (2) Bagaimana implementasi pendidikan karakter dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, Bahasa Indonesia, dan Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VII SMP Nurul Islam Geneng Batealit Jepara tahun pelajaran 2016/2017, (3) Faktor apa saja yang mempengaruhi implementasi pendidikan karakter Kedisiplinan di kelas VII SMP Nurul Islam Geneng Batealit Jepara tahun pelajaran 2016/2017.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan di SMP Nurul Isam Geneng Batealit Jepara, pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Implementasi Pendidikan Karakter Kedisiplinan di Kelas VII SMP Nurul Islam Geneng Batealit Jepara yaitu melalui tiga teknik yaitu inner control, external control, dan cooperative control, dan melalui tiga mata pelajaran di antaranya Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Kewarganegaraan, dan Bahasa Indonesia,
Hasil penelitian ini adalah: (1) Implementasi pendidikan karakter kedisiplinan di kelas VII SMP Nurul Islam Geneng Batealit Jepara dilaksanankan melalui teknik inner control, external control, dan cooperative control, dan melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), dan Bahasa Indonesia. Implementasi pendidikan karakter juga melalui kegiatan pembiasaan siswa seperti: membaca doa sebelum dan sesudah pelajaran, membaca al-asma’ al-husna, dan membaca surat pendek sebelum pelajaran dimulai. (2) Implementasi Pendidikan Karakter di Kelas VII SMP Nurul Islam Geneng Batealit Jepara dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu: (a) Faktor pendukung seperti: dukungan orang tua, motivasi guru, lingkungan dan fasilitas sekolah. (b) faktor Penghambat, seperti: sikap acuh siswa terhadap guru, ketuntasan dalam penyampaian materi, karakter dan latar belakang sosial siswa yang berbeda, dan kurang perdulinya orang tua terhadap perkembangan anak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | pembimbing : Drs. H. Mahalli,M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi karakter kedisiplinan. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.5 Disiplin Sekolah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 27 Dec 2022 06:55 |
Last Modified: | 27 Dec 2022 06:55 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3753 |