Search for collections on Publications

STUDI ANALISIS PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM BUKU PEMIKIRAN DAN AKTUALISASI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM

MAGFIROTULFITRI, 131310000798 (2017) STUDI ANALISIS PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM BUKU PEMIKIRAN DAN AKTUALISASI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UNISNU.

[thumbnail of 131210000798_COVER.pdf]
Preview
Text
131210000798_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 131210000798_BAB I.pdf] Text
131210000798_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[thumbnail of 131210000798_BAB II.pdf] Text
131210000798_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[thumbnail of 131210000798_BAB III.pdf] Text
131210000798_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[thumbnail of 131210000798_BAB IV.pdf] Text
131210000798_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[thumbnail of 131210000798_BAB V.pdf] Text
131210000798_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[thumbnail of 131210000798_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
131210000798_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah melihat kenyataan bahwa berhasil tidaknya peningkatan pendidikan banyak ditentukan oleh kemampuan yang ada pada guru karena guru merupakan pemeran utama dalam pendidikan yang berinteraksi langsung dengan peserta didik dalam kegiatan proses belajar mengajar. Oleh karena itu, berdasarkan Undang Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menyatakan bahwa guru adalah tenaga profesional sehingga guru dituntut untuk mengembangkan profesionalitas agar dapat membuahkan pendidikan yang bermutu.
Dalam penelitian ini penulis memiliki rumusan masalah : 1) Bagaimana Profesionalisme Guru PAI? 2) Bagaimana Pengembangan Profesionalisme Guru PAI menurut Prof. Dr. H. Muhaimin, M.A? 3) Bagaimana Relevansi Pengembangan Profesionalisme Guru PAI menurut Prof. Dr. H. Muhaimin, M.A dalam Konteks Pendidikan Saat Ini?
Penelitian ini bertujuan untuk :1) mengetahui profesionalisme guru PAI 2) mengetahui pengembangan profesionalisme guru PAI menurut Prof. Dr. H. Muhaimin, M.A. 3) mengetahui relevansi pengembangan profesionalisme guru PAI dalam konteks pendidikan saat ini.
Penelitian ini merupakan Penelitian yang diperoleh melalui pengumpulan data, maka dalam penganalisaannya penulis menggunakan kajian pustaka. Kajian dimulai dengan pelaksanaan kepustakaan. .
Dari hasil pengolahan data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa : 1) Profesionalisme guru PAI dapat dicapai dengan pemenuhan standar kualifikasi, kompetensi, dan sertifikasi.2) Pengembangan Profesionalisme menurut Prof. Dr. H. Muhaimin, M.A dapat dilakukan baik dalam jabatan (pre service) maupun selama jabatan (in service). Dalam pra jabatan dapat dilakukan dengan mengikuti tes LPTK, sedangakan selama jabatan dilakukan dengan mengikuti seminar, lokakarya, diklat, MGMP, kegiatan ilmiah, dan lain sebagainya. Pengembangan profesionalisme GPAI menurut Prof. Dr. H. Muhaimin, M.A merupakan model pengembangan berbasis karakter/grow with character (3) relevansi pengembangan profesionalisme guru PAI menurut Prof. Dr. H. Muhaimin, M.A dalam konteks pendidikan saat ini bahwa pengembangan profesionalisme guru PAI menurut Prof. Dr. H. Muhaimin, M.A relevan dengan pendidikan saat ini sebagai pengembangan watak guru paripurna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H. Mufid,M.Ag.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 27 Dec 2022 06:44
Last Modified: 27 Dec 2022 06:44
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3752

Actions (login required)

View Item
View Item