LUTFI MASYITHOH, 131310000679 (2017) PENERAPAN METODE PEMBIASAAN DALAM PEMBELAJARAN WUDLU DAN SHALAT PADA SISWA TK IT HAJI DJOEPRI KRIYAN KALINYAMATAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNISNU.
131310000679_cover.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131310000679_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (183kB)
131310000679_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (346kB)
131310000679_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (274kB)
131310000679_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (366kB)
131310000679_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (140kB)
131310000679_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Bentuk pembiasaan yang diterapkan di TK IT Haji Djoepri Kriyan Kalinyamatan Jepara adalah shalat berjama’ah, wudhu sebelum melakukan shalat, membaca al-Qur’an sebelum pelajaran dimulai, membaca doa sebelum dan sesudah belajar, berjabat tangan dan mengucapkan salam, serta pengumpulan dana sosial. Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui penerapan metode pembiasaan dalam pembelajaran wudlu dan shalat pada siswa TK IT Haji Djoepri Kriyan Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017, 2) mengetahui faktor-faktor yang mendukung penerapan metode pembiasaan dalam pembelajaran wudlu dan shalat pada siswa TK IT Haji Djoepri Kriyan Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. Dan 3) menemukan hambatan-hambatan dalam penerapan metode pembiasaan dalam pembelajaran wudlu dan shalat pada siswa TK IT Haji Djoepri Kriyan Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengolahan datanya adalah dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil dari analisis menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan metode pembiasaan dalam pembelajaran wudhu dan shalat dilakukan melalui tahap perencanaan dengan menyiapkan program rencana kegiatan harian, dilanjutkan dengan pelaksanaan pembelajaran yang berorientasi pada pembiasaan anak yang dilakukan dengan berbagai cara yang baik disesuaikan dengan arah pembiasaan yang telah dirancang. (2) Faktor-faktor yang mendukung pelaksanaan metode pembiasaan adalah adanya dukungan dari orang tua dan masyarakat dan sarana prasarana yang lengkap untuk melaksanakan proses pembelajaran pengembangan agama Islam dengan metode pembiasaan. Dan 3) Faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan metode pembiasaan adalah adanya perbedaan daya pikir, emosi anak-anak yang membuat proses belajar mengajar harus diulang-ulang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : H. Nur Khoiri,M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembiasaan, Wudlu dan Shalat. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X4 Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > 2X4.1 Ibadah 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 27 Dec 2022 02:39 |
Last Modified: | 27 Dec 2022 02:39 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3746 |