Search for collections on Publications

PENGARUH BERFIKIR KREATIF TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MI. MIFTAHUL HIDAYAH JINGGOTAN KEMBANG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

LILIS LISTIYANI, 131310001478 (2017) PENGARUH BERFIKIR KREATIF TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MI. MIFTAHUL HIDAYAH JINGGOTAN KEMBANG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UNISNU.

[thumbnail of 131310001478_COVER.pdf]
Preview
Text
131310001478_COVER.pdf - Published Version

Download (436kB) | Preview
[thumbnail of 131310001478_BAB I.pdf] Text
131310001478_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[thumbnail of 131310001478_BAB II.pdf] Text
131310001478_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[thumbnail of 131310001478_BAB III.pdf] Text
131310001478_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[thumbnail of 131310001478_BAB IV.pdf] Text
131310001478_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[thumbnail of 131310001478_BAB V.pdf] Text
131310001478_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[thumbnail of 131310001478_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
131310001478_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Bagaimanakah berfikir kreatif siswa di MI. Miftahul Hidayah Jinggotan Kec. Kembang Jepara Tahun 2015/2016, 2). Bagaimanakah kemandirian belajar Siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI. Miftahul Hidayah JinggotanKec. KembangJeparaTahun 2015/2016, 3). Apakah ada pengaruh berfikir kreatif terhadap kemandirian belajar Siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI. Miftahul Hidayah Jinggotan Kec. Kembang Jepara Tahun 2015/2016?.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian yang mendasarkan pada perhitungan angka-angka atau statistik dari suatu variabel untuk dapat dikaji secara terpisah-pisah dan kemudian dihubungkan.Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik korelasional. Subjek penelitian sebanyak 32 responden dan merupakan penelitian populasi. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner/angket untuk menjaring data X dan Y.
Datapenelitian yang terkumpul kemudian di analisis denganmenggunakan pendekatan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Bahwa berfikirkreatif yang dimiliki oleh siswa MI. Miftahul Hidayah Jinggotan Kec. Kembang Jepara Tahun 2015/2016 termasuk dalam kategori cukup. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata–rata (mean) sebesar 63,34 yang masuk dalam lebar interval 59 – 64 dengan kualifikasi cukup. Adapun persentase nilai kategori berfikirkreatifsiswa MI. Miftahul Hidayah Jinggotan Kec. Kembang Jepara Tahun 2015/2016 adalah 6,2% kategori sangat baik, 31,3% kategori baik dan 53,1% kategori cukup dan 9,4 kategori rendah. 2). Kemandirian belajar Siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI. Miftahul Hidayah Jinggotan Kec. Kembang Jepara Tahun 2015/2016 juga termasuk dalam kategori cukup. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kemandirian belajar Siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Haditsadalah 62,19 yaitu pada interval 60 - 64 dengan kualifikasi cukup. Sedangkan persentase nilai kategori kemandirian belajar Siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI. Miftahul Hidayah Jinggotan Kec. Kembang Jepara Tahun 2015/2016 adalah 6,2% sangat baik, 21,9% baik, 43,8% cukup, 28,1% untuk kategori rendah. 3). Berdasarkan analisis yang dilakukan dengan analisis regresi satu prediktor, diperoleh harga Freg = 16,96150012, sedangkan nilai pada tabel (Ft), pada taraf signifikansi 5 % diperoleh 4,17 dan pada taraf signifikansi 1 %, diperoleh 7,56. Dengan demikian Freg = 16,96150012 > Ftabel, sehingga hasilnya signifikan. Koefisien determinasinya adalah r2xy = 0,36117884= 36,1%. Ini berarti bahwa sebesar 36,1% variasi kemandirian belajar Siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits (Y) dapat dijelaskan oleh berfikirkreatif.
Dengan kata lain bahwa hipotesis penulis terdapat pengaruh berfikir kreatif terhadap kemandirian belajar Siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI. Miftahul Hidayah Jinggotan Kec. Kembang Jepara Tahun 2015/2016 diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq.M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Berfikir Kreatif dan Kemandirian
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 26 Dec 2022 04:32
Last Modified: 26 Dec 2022 04:32
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3740

Actions (login required)

View Item
View Item