NOOR ISNAINI NAFIK, 131110000959 (2016) PENGARUH MANFAAT, KEKUATAN ASOSIASI DAN KEUNIKAN MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. Skripsi thesis, UNISNU.
131110000959_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
![[thumbnail of 131110000959_BAB I.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131110000959_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (359kB)
![[thumbnail of 131110000959_BAB II.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131110000959_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (426kB)
![[thumbnail of 131110000959_BAB III.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131110000959_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (383kB)
![[thumbnail of 131110000959_BAB IV.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131110000959_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (636kB)
![[thumbnail of 131110000959_BAB V.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131110000959_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (222kB)
131110000959_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
Abstract
Pada masa sekarang ini para pemasar memberi perhatian yang lebih untuk upaya menjalin hubungan yang baik dengan produk yang ditawarkan harus berorientasi pada kebutuhan konsumen agar tercipta pada kepuasan pelanggan yang akan membeli produk tersebut. Pelaku usaha harus dapat memposisikan produknya sesuai dengan kebutuhan para konsumen yang akan membeli merek produknya. Sehingga produknya akan dapat memberikan kepuasan bagi konsumen dan produsen akan mendapatkan hasil yang memuaskan. UMKM yang sudah memiliki pelanggan harus berusaha agar pelanggan yang diciptakannya dapat dipertahankan karena loyalitas pelanggan sangat penting bagi UMKM. Merek juga dapat digunakan sebagai nilah tambah dalam mengambil sebuah margin yang lebih tinggi sehingga dapat memperoleh laba yang lebih atau memuaskan. Merek dapat memberikan nilai sehingga dalam nilai total produk yang bermerek dapat menjadi lebih tinggi. Merek juga punya nilai atau ekuitas. Ekuitas sangat penting karena nilai dapat menjadi tolak ukur suatu produk yang ada dipasaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel manfaat merek, kekuatan asosiasi merek dan keunikan merek terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey melalui kuesioner kepada 96 responden, yaitu konsumen atau pelanggan yang mengkonsumsi Catering merek Anisa di Jepara. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental sampling dan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu meliputi purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, dan analisis koefisien determinasi (R2). Data tada yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi berganda sebagai berikut:
Y= 0,272X1+0,258X2 + 0,389X3+e
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa semua variabel bebas (X) manfaat merek, kekuatan asosiasi merek dan keunikan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat (Y) loyalitas pelanggan, baik secara parsial maupun secara simultan. Besarnya angka Adjusted R Square 0,528 menunjukkan nilai sebesar 528% variasi loyalitas pelanggan dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel bebas (X). Sedangkan sisanya 47,2% yang dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelian ini. Varibel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap loyalitas pelanggan adalah pada variabel keunikan merek.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Noor Arifin,S.E.,M.Si, |
Uncontrolled Keywords: | Manfaat, Kekuatan Asosiasi dan Keunikan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan. |
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.82 Promosi Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 21 Dec 2022 03:30 |
Last Modified: | 21 Dec 2022 03:30 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3684 |