Search for collections on Publications

OPTIMALISASI PENDIDIKAN ISLAM MELALUI SINERGITAS LEMBAGA PENDIDIKAN ANTARA RUMAH, SEKOLAH DAN MASJID (Studi Analisis Pemikiran Abdurrahman An Nahlawi dalam Buku Pendidikan Islam di Rumah Sekolah dan Masyarakat)

LUSY WIJAYANTI, 131310000541 (2017) OPTIMALISASI PENDIDIKAN ISLAM MELALUI SINERGITAS LEMBAGA PENDIDIKAN ANTARA RUMAH, SEKOLAH DAN MASJID (Studi Analisis Pemikiran Abdurrahman An Nahlawi dalam Buku Pendidikan Islam di Rumah Sekolah dan Masyarakat). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 131310000541_COVER.pdf]
Preview
Text
131310000541_COVER.pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview
[thumbnail of 131310000541_BAB I.pdf] Text
131310000541_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[thumbnail of 131310000541_BAB II.pdf] Text
131310000541_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[thumbnail of 131310000541_BAB III.pdf] Text
131310000541_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[thumbnail of 131310000541_BAB IV.pdf] Text
131310000541_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[thumbnail of 131310000541_BAB V.pdf] Text
131310000541_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[thumbnail of 131310000541_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
131310000541_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang bahwa pendidikan berlangsung seumur hidup dan dilaksanakan di dalam lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat. Ketiganya saling memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak dalam upaya mencapai kedewasaanya. Mengingat betapa pentingnya pendidikan anak, maka muncullah konsep Pengoptimalan pendidikan Islam anak melalui sinergitas tiga lembaga antara rumah, sekolah, dan masjid, menurut Abdurrahman An Nahlawi. Beliau merupakan seorang tokoh pemikir Islam yang berasal dari daerah yang bernama Nahlawa, yang mempunyai pandangan bahwa anak merupakan aset yang berharga bagi orang tua, bangsa dan agama, dimana kemajuan atau kemunduran bangsa dan agama di pengaruhi oleh kualitas anak-anak
Adapun fokus penelitian ini adalah bagaimana Sinergitas Lembaga Pendidikan Rumah, Sekolah dan Masjid sebagai Optimalisasi Pendidikan perspektif Abdurrahman An Nahlawi dalam Buku Pendidikan Islam di Rumah Sekolah dan Masyarakat), Pendidikan Anak dalam Islam, dengan mensinergikan tiga lembaga pendidikan Islam sebagi bentuk optimalisasi. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian library research, dengan sumber data Pendidikan Islam di Rumah Sekolah dan Masyarakat karya Abdurrahman An Nahlawi dan sumber data sekunder tokoh-tokoh pendidikan Islam kenamaan yang mendukung pendidikan keluarga, sekolah dan masjid.
Dari penelitian tersebut terungkap bahwa Abdurrahman An Nahlawi merumuskan konsep pendidikan anak yang holistik berdasarkan Al-Qur’an dan al-Hadits, yang dimulai dari pendidik, anak didik, keberhasilan pelaksanaan pendidikan Agama pada anak sangat tergantung pada lingkungan pendidikannya, karena lingkungan merupakan sebuah wadah atau pusat untuk menyukseskan pelaksanaan pendidikan anak. Dalam usaha mencapai kepribadian anak yang baik menurut Adurrahman An Nahlawi tidak dapat dilakukan sendirian, tetapi harus bersama-sama saling bersinergi atas dasar saling menolong dan saling melengkapi antara ketiga lingkungan ini yaitu keluarga, sekolah, dan masjid agar hasil pelaksanaan pendidikan Islam bisa optimal. Dengan dilakukannya penelitian ini diharapkan para pendidik memperhatikan anak didiknya dengan baik dan menggunakan konsep Islam yang telah jelas dan bersinergi saling bekerja sama dalam mengarahkan pendidik dalam mendidik anak yang benar dan tujuan dari pendidikan itu sendiri tercapai dengan sempurna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Akhirin, M.Ag.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.19 Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 20 Dec 2022 06:29
Last Modified: 20 Dec 2022 06:29
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3673

Actions (login required)

View Item
View Item