LULUK ZAHIROTUSYARIFAH, 131310000792 (2017) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM TAARE ZAMEEN PAR (Every Child Is Special) DALAM PRESPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131310000792_COVER.pdf - Published Version
Download (979kB) | Preview
131310000792_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (248kB)
131310000792_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (336kB)
131310000792_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (171kB)
131310000792_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (258kB)
131310000792_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (94kB)
131310000792_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah proses belajar mengajar di sekolah, terutama dalam menghadapi siswa yang kurang mampu dalam menerima materi pelajaran. Pendidikan bukan semata-mata sebagai sarana untuk persiapan kehidupan yang akan datang, tetapi juga untuk kehidupan seorang anak yang sedang mengalami perkembangan menuju kedewasaannya. Proses penanaman nilai-nilai tidak hanya melalui pendidikan formal dan non-formal saja. Namun, bisa melalui media seperti media film, film merupakan media komunikasi yang efektif dan dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat. Terutama dalam Film Taare Zameen Par (Every Child Is Special) terdapat pesan edukatif yang ditampilkan oleh tokohnya. Permasalahan dalam Film ini adalah bagaimana impelementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam Film Taare Zameen Par (Every Child Is Special). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam Film Taare Zameen Par (Every Child Is Special) dan dalam perspektif penidikan Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research) dengan mengambil objek Film Taare Zameen Par (Every Child Is Special). Dan sasarannya adalah orang tua dan seluruh pihak yang berkecimpung dalam dunia pendidikan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan content analysis (analisis isi) dan dari analisis tersebut ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menerapkan nilai karakter bisa melalui media film. Nilai-nilai pendidikan karakter dalam Film Taare Zameen Par (Every Child Is Special) diantaranya adalah disiplin, rasa ingin tahu, tanggung jawab, kerja keras, pantang menyerah, mandiri, percaya diri, demokratis, dan peduli sosial. Sedangkan nilai pendidikan karakter dalam perspektif Islam diantaranya adalah shidiq, amanah, tabligh dan fathonah. Pendidikan karakter dalam perpektif Islam sejatinya adalah proses internalisasi nilai-nilai adab ke dalam pribadi pelajar. Internalisasi ini merupakan proses pembangunan jiwa yang berasaskan konsep keimanan. Gagalnya sebuah pendidikan yang terjadi selama ini, dapat disebabkan karena karakter yang diajarkan minus nilai keimanan dan konsep adab. Sehingga, proses pembangunan karakter tersendat bahkan hilang sama sekali. Dalam penelitian ini terlihat adanya kesamaan tujuan antara pendidikan Islam dengan pendidikan karakter. Kedua pendidikan ini sama-sama ingin membentuk manusia yang bermoral, berakhlak mulia, sehingga menjadi insan kamil.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq, M.Ag. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 06:28 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 06:28 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3672 |