LULUK ROUDLOTUL IKRIMAH, 131310001480 (2017) MANAJEMEN PERENCANAAN PEMBELAJARAN PAI KELAS VIII SMP IT AMTSILATI BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131310001480_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
![[thumbnail of 131310001480_BAB I.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310001480_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (367kB)
![[thumbnail of 131310001480_BAB II.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310001480_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (540kB)
![[thumbnail of 131310001480_BAB III.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310001480_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (393kB)
![[thumbnail of 131310001480_BAB IV.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310001480_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (402kB)
![[thumbnail of 131310001480_BAB V.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310001480_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (326kB)
131310001480_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen perencanaan pembelajaran PAI kelas VIII SMP IT Amtsilati Bangsri Jepara tahun pelajaran 2015/2016.
Jenis peneliian yang dilakukan adalah penelitian kuliatif. Subyek penelitian ini adalah guru PAI kelas VIII SMP IT Amsilati Bangsri Jepara yang berjumlah 3 orang. Obyek penelitian ini adalah upaya guru dalam penyusunan perencanaan pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses manajemen penyusunan perencanaan pembelajaran PAI kelas VIII SMP IT Amtsilati Bangsri Jepara sesuai dengan proses manajemen yang digagas oleh George R. Tery yang menerapkan empat fungsi manajemen yaitu (1) planning (2) organizing (3) actuating yang didukung dengan kepemimpinan yang demokratis, komunikasi yang imbal balik, motivasi yang baik dan fasilitas yang memadai (4) controlling. guru PAI kelas VIII SMP IT Amtsilati Bangsri Jepara menyusun perencanaan pembelajaran PAI secara mandiri. Komponen perencanaan yang telah disusun yaitu: Program Tahunan (PROTA), Program Semester (PROMES), Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Tahap pertama, guru menyusun Program Tahunan (PROTA) dengan langkah (1) Menghitung jumlah minggu efektif setiap bulan dan semester dalam satu tahun (2) Mendistribusikan alokasi waktu yang disediakan untuk suatu mata pelajaran, pada setiap KD dan topik bahasannya pada minggu efektif. Tahap kedua, guru menyusun Program Semester (PROMES) dengan langkah (1) Memasukkan KD, topik dan sub topik bahasan dalam format Program Semester (2) Mengalokasikan waktu sesuai kebutuhan bahasan topik dan sub topik pada kolom minggu dan bulan. Tahap ketiga, guru menyusun silabus dengan panduan buku model silabus dan RPP BSNP. Penyusunan silabus disesuaikan dengan komponen – komponen silabus pada umunya dengan memperhatikan komponen – komponen silabus yang perlu untuk dikembangakan. Tahap keempat, guru menyusun RPP berpedoman pada silabus dan program semester dengan memperhatikan beberapa hal penting yang berkaitan dengan RPP selama penyusunan RPP.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Mahalli, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Penyusunan, Perencanaan Pembelajaran PAI. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 06:22 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 06:22 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3671 |