SITI ZAIDAH, 172610000458 (2020) PENGARUH KUALITAS SUPERVISI KEPALA MADRASAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR FIQIH MI DI KECAMATAN JEKULO MEJOBO DAN BAE KABUPATEN KUDUS TAHUN 2019. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
|
Text
1. 172610000458_COVER.pdf - Published Version Download (660kB) | Preview |
|
|
Text
2. 172610000458_BAB I.pdf - Published Version Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
3. 172610000458_BAB II.pdf - Published Version Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
4. 172610000458_BAB III.pdf - Published Version Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
5. 172610000458_BAB IV.pdf - Published Version Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
6. 172610000458_BAB V.pdf - Published Version Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
7. 172610000458_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
8. 172610000458_LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian dengan judul “Pengaruh Kualitas Supervisi Kepala Madrasah dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Fiqih MI di Kecamatan Jekulo, Mejobo dan Bae Kabupaten Kudus Tahun 2019” bertujuan untuk menguji dan menganalisis prestasi belajar fiqih MI dan faktor-faktor yang mempengaruhinya; Menguji dan menganalisis pengaruh kualitas supervisi kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru fiqih MI; Menguji dan menganalisis pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih, serta pengaruh supervisi dan kompetensi pedagogik guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar fiqih siswa.
Metode penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Obyek penelitian bertempat di 30 MI Kecamatan Jekulo, Mejobo dan Bae Kabupaten Kudus tahun 2019. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi nilai raport, sedangkan teknik analisis datanya digunakan uji prasyarat analisis, uji hipotesis regresi sederhana dan regresi bivariat. Populasi responden kepala sekolah sebanyak 30 orang, guru mata pelajaran fiqih sebanyak 30 orang dan siswa kelas V di 30 MI sebanyak 643 orang, keseluruhannya dijadikan sampel dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas supervisi kepala madrasah (X1) berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih (Y) sebesar 47.5%’ variabel kompetensi pedagogik guru (X2) berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih (Y) sebesar 37.8%; variabel kualitas supervisi kepala madrasah (X1) dan kompetensi pedagogik guru (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih (Y) sebesar 56%
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Mustaqim, M.Pd Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik Guru Dan Prestasi Belajar Fiqh |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Pedagogi 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UNISNU Jepara |
Date Deposited: | 16 Oct 2021 06:15 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 06:15 |
URI: | http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/363 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |