ISTIFAIYAH, 172610000451 (2020) STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI PADA SMK ASSA’IDIYYAH KIRIG MEJOBO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
01. 172610000451_ COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
02. 172610000451_ BAB 1.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
03. 172610000451 _BAB II.pdf - Published Version
Download (529kB) | Preview
04. 172610000451 _ BAB III.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
05. 172610000451_BAB IV.pdf - Published Version
Download (863kB) | Preview
06. 172610000451_BAB V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
07. 172610000451_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
08. 172610000451_ Lampiran.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Salah satu kompetensi penting yang harus dimiliki oleh guru adalah kompetensi pedagogik. Apalagi sebagai seorang guru dituntut harus senantiasa meningkatkan kompetensi yang dimilikinya, sehingga perlu adanya dukungan dari sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru, khusus dalam hal ini adalah kompetensi pedagogik guru PAI. Apabila dilihat dari kompetensi yang dimiliki para guru PAI SMK Assa’idiyah Kirig Mejobo Kudus sudah berkompeten. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana strategi dalam meningkatan kompetensi pedagogik guru PAI, 2) Bagaimana hasil peningkatan kompetensi pedagogik guru PAI, 3) Apa saja yang menjadi faktor pendukung dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru PAI SMK Assa’idiyyah Kirig Mejobo Kudus. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Menganalisa strategi dalam meningkatan kompetensi guru PAI SMK Assa’idiyyah Kirig Mejobo Kudus, 2) Menganalisa sejauh mana hasil peningkatan kompetensi guru PAI SMK Assa’idiyyah Kirig Mejobo Kudus, 3) menganalisa apa saja yang menjadi faktor pendukung dalam peningkatan kompetensi guru PAI SMK Assa’idiyyah Kirig Mejobo Kudus.
Penelitian ini merupakan penelitian survey lapangan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu identifikasi, klasifikasi, interpretasi dan penarikan kesimpulan. Adapun lokasi penelitiannya adalah di SMK Assa’idiyah Kirig Mejobo Kudus.
Hasil penelitian dapat disimpukan bahwa strategi kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di SMK Assa’idiyah Kirig Mejobo Kudus yaitu melalui program In House Training (IHT), selain itu mengikuti kegiatan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) diataranya MGMP Kota dan MGMP sekolah, mengadakan dan mengikutkan guru dalam diklat ataupun workshop, kemudian dengan pembinaan Internal oleh sekolah melalui rapat rutin, selain itu dengan pemberian tugas internal tambahan selain mengajar, kemudian dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.
Adapun hasil peningkatan kompetensi pedagogik adalah guru Pendidikan Agama Islam di SMK Assa’idiyah Kudus mampu: Menguasai karakteristik peserta didik, Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, Pengembangan kurikulum, Kegiatan pembelajaran yang mendidik, Pengembangan potensi peserta didik, Komunikasi dengan peserta didik, Penilaian dan evaluasi.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag Pembimbing II : Dr. H. Moh Nasuka, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Peningkatan Kompetensi Pedagogik, Guru Pendidikan Agama Islam. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Pedagogi |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UNISNU Jepara |
Date Deposited: | 16 Oct 2021 05:36 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 05:36 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/361 |