Search for collections on Publications

KORELASI ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KETRAMPILAN DALAM BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VII MTs. HASYIM ASY’ARI BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

JATI UTOMO, 131310001472 (2017) KORELASI ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KETRAMPILAN DALAM BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VII MTs. HASYIM ASY’ARI BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNISNU.

[thumbnail of 131310001472_COVER.pdf]
Preview
Text
131310001472_COVER.pdf - Published Version

Download (925kB) | Preview
[thumbnail of 131310001472_BAB I.pdf]
Preview
Text
131310001472_BAB I.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 131310001472_ BAB II.pdf]
Preview
Text
131310001472_ BAB II.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[thumbnail of 131310001472_BAB III.pdf]
Preview
Text
131310001472_BAB III.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 131310001472_BAB IV.pdf]
Preview
Text
131310001472_BAB IV.pdf - Published Version

Download (742kB) | Preview
[thumbnail of 131310001472_BAB V.pdf]
Preview
Text
131310001472_BAB V.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 131310001472_Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
131310001472_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (14kB) | Preview

Abstract

Jati Utomo dengan Judul Skripsi "Korelasi Antara Kemandirian Belajar Dan Ketrampilan Dalam Belajar Dengan Prestasi Belajar Fiqih Siswa Kelas VII MTs. Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017"
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Kemandirian belajar siswa kelas VII MTs. Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara. 2. Ketrampilan dalam belajar siswa kelas VII MTs. Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara. 3. Prestasi belajar fiqih siswa kelas VII MTs. Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara. 4. Korelasi antara kemandirian belajar dan ketrampilan dalam belajar dengan prestasi belajar fiqih siswa kelas VII MTs. Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian adalah field research (studi lapangan) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun variabel dalam penelitian ini ada tiga meliputi: variabel bebas yaitu kemandirian belajar dan ketrampilan dalam belajar, sedangkan variabel terikat adalah prestasi belajar fiqih. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah jumlah siswa kelas VII MTs. Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara berjumlah 333 siswa. Pengambil sampel dalam penelitian ini, peneliti mengambil 20% sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 66 siswa dengan teknik random sampling atau acak yaitu dengan cara undian. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dan dokumentasi, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan statistik korelasi ganda.
Hasil dalam penelitian ini adalah: 1. Kemandirian belajar siswa kelas VII MTs. Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara dapat dikatakan baik sekali, hal tersebut dapat diketahui dari nilai mean sebesar 82, 3, nilai median sebesar 81,1 dan nilai modusnya sebesar 79,3. Sedangkan dilihat dari prosentase nilai menyatakan kategori baik sekali sebanyak 56,1%, kategori baik sebanyak 43,9%. 2. Ketrampilan dalam belajar siswa kelas VII MTs. Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara dapat dikatakan baik sekali, hal tersebut dapat diketahui dari nilai mean sebesar 84,3, nilai median sebesar 84,1 dan nilai modusnya sebesar 84,7. Sedangkan dilihat dari prosentase nilai menyatakan kategori baik sekali sebanyak 66,7%, kategori baik sebanyak 33,3%. 3. Prestasi belajar fiqih siswa kelas VII MTs. Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara dapat dikatakan baik sekali, hal tersebut dapat diketahui dari nilai mean sebesar 86,2, nilai median sebesar 82,6 dan nilai modusnya sebesar 79. Sedangkan dilihat dari prosentase nilai menyatakan kategori baik sekali sebanyak 69,7%, kategori baik sebanyak 30,3%. 4. Adanya korelasi yang positif dan signifikan antara korelasi antara kemandirian belajar dan ketrampilan dalam belajar dengan prestasi belajar fiqih siswa kelas VII MTs. Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara, hal tersebut dibuktikan dengan pengolahan data dengan rumus korelasi ganda dengan hasil Ro sebesar 0,407 diinterpretasikan dengan r tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,244 dan pada taraf 1% sebesar 0,317. Dari hasil interpretasi tersebut menunjukan Ro> R tabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1% yang berarti signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar, Ketrampilan dalam Belajar, Prestasi Belajar Fiqih
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X4 Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 14 Jun 2022 02:47
Last Modified: 14 Jun 2022 02:47
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3595

Actions (login required)

View Item
View Item