ISYATUL HANI’AH, 131310000522 (2016) PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII MTs. MAFATIHUT THULLAB SURODADI KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UNISNU.
131310000522_COVER.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
131310000522_BAB I.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
131310000522_BAB II.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
131310000522_BAB III.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
131310000522_ BAB IV.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
131310000522_BAB V.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
131310000522_daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs. Mafatihut Thullab Surodadi Kedung Jepara salah satunya menggunakan metode discovery learning, merupakan suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis, sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Hubungan Keaktifan siswa dalam model pembelajaran discovery learning terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII MTs. Mafatihut Thullab Surodadi Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode pengumpulan data yang meliputi: angket, observasi dan dokumentasi.
Setelah diadakan pembahasan sebagaimana telah dikemukakan pada bab-bab terdahulu, maka dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Bahwa Keaktifan siswa dalam model pembelajaran discovery learning pada mata pelaaran akidah akhlak siswa kelas VIII MTs. Mafatihut Thullab Surodadi Kedung Jepara tahun pelajaran 2015/2016 setelah dihitung dengan penilaian interval berkala 4 dan kemudian dikonsultasikan ke dalam tabel interval, ternyata termasuk dalam kategori “baik” dengan nilai rata-rata 48,52 dan prosentase 63 % berada pada interval 46-51. (2) Bahwa dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajara akidah akhlak siswa kelas VIII MTs. Mafatihut Thullab Surodadi Kedung Jepara tahun pelajaran 2015/2016 dapat diketahui bahwa mean atau rata-ratanya 49,8 dan prosentase 51 % ternyata masuk dalam kategori “baik” karena berada pada interval 49 – 54. (3) Adapun F hitung dari kedua variabel tersebut adalah 10,44 pada tarafsignifikan 1 % diperoleh r tabel = 0,380, sedangkan ro = 0,442. yang berarti ro lebih besar dari r tabel (ro > r tabel). Sedangkan taraf signifikan 5 % diperoleh r tabel = 0,294 sedangkan ro = 0,442 yang berarti ro lebih besar dari r tabel (ro > r tabel). Dengan demikian taraf signifikan 1 % dan 5 % hasilnya adalah signifikan, yang berarti ada korelasi pengaruh yang positif antara kedua veriabel. Kesimpulannya adalah variabel X (Keaktifan Siswa dalam Model Pembelajaran Discovery Learning) memberikan kontribusi secara meyakinkan terhadap garis regresi dengan probabilitas benar lebih besar dari 1 % maupun 5 %.
Dengan demikian hipotesa alternatif yang diajukan diterima yang berarti ada hubungan yang signifikan Keaktifan Siswa Dalam Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII MTs. Mafatihut Thullab Surodadi Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : H. Mufid, M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | Hubungan Keaktifan Siswa dalam Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Prestasi Belajar. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 02:33 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 02:33 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3591 |