M. AZYAN ANAS, 172610000389 (2020) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN AL-ITTIHAD DESA JUNGPASIR KECAMATAN WEDUNG KABUPATEN DEMAK. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
1. 172610000389_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 172610000389_BAB I.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
3. 172610000389_BAB II.pdf - Published Version
Download (733kB) | Preview
4. 172610000389_BAB III.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
5. 172610000389_BAB IV.pdf - Published Version
Download (714kB) | Preview
6. 172610000389_BAB V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7. 172610000389_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
8. 172610000389_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan karakter, daya dukung dan daya hambat manajemen pendidikan karakter dan sejauh mana hasil pendidikan karakter santri melalui manajemen pendidikan karakter di Pondok Pesantren Al-Ittihad Desa Jungpasir Kecamatan Wedung Kabupaten Demak.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik analisis data lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Manajemen pendidikan karakter di pondok pesantren Al-Ittihad dari empat fungsi yaitu: (a) perencanaan pendidikan karakter pondok pesantren Al-Ittihad merujuk pada visi, misi, dan tujuan pondok pesantren Al-Ittihad. Pondok pesantren Al-Ittihad telah memiliki program kegiatan jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. (b) pengorganisasian pendidikan pondok pesantren Al-Ittihad sebagaimana tertuang dalam struktur organisasi dan masing-masing melaksanakan tugasnya sebagaimana mekanisme kerja. (c) pelaksanaan pendidikan karakter diwujudkan dengan pembiasaan kegiatan Harian, Mingguan, Bulanan, dan Tahunan (d) cara pengawasan pendidikan karakter yang dilakukan pengasuh adalah evaluasi rapat bulanan dan laporan hasil pendidikan karakter. 2) Daya pendukung manajemen pendidikan karakter di pondok pesantren Al-Ittihad adalah: (a) komitmen dari seluruh warga pondok pesantren yaitu pengurus pondok, dewan Asatidz dan santri dalam melaksanakan nilai-nilai pendidikan karakter. (b) Dukungan dari Yayasan dan para Kyai. (c) Dukungan dari alumni dan masyarakat umum di luar pondok pesantren. Kemudian, hambatan manajemen pendidikan karakter di pondok pesantren Al-Ittihad adalah lemahnya pengawasan santri yang bergaul dengan masyarakat di luar yang kurang positif. (3) Pelaksanaan pendidikan karakter di pondok pesantren Al-Ittihad menghasilkan santri yang memiliki nilai karakter religius, jujur, disiplin, gemar membaca, toleransi, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggungjawab, mandiri, menghargai prestasi, dan rasa cinta tanah air
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Pendidikan Karakter , Pondok Pesantren |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam > 2X7.341 Pondok Pesantren 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UNISNU Jepara |
Date Deposited: | 16 Oct 2021 04:00 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 04:00 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/356 |