ISTIN NADLIROH, 131310000781 (2017) STUDI ANALISIS TENTANG PEMBELAJARAN EMANSIPATORIS PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Pemikiran Prof. Azyumardi Azra, M.A., M. Phil., Ph. D.). Skripsi thesis, UNISNU.
13131000781_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13131000781_BAB I.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
13131000781_BAB II.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
13131000781_BAB III.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
13131000781_BAB IV.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
13131000781_ BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
13131000781_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pemikiran Prof. Azyumardi Azra, M. A, M. Phil, Ph. D. tentang pembelajaran emansipatoris pendidikan Islam. (2) untuk mengetahui implementasi pembelajaran emansipatoris pendidikan Islam di sekolah.
Penelitian ini merupakan penelitian jenis library research. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis pemikiran Prof. Azyumardi Azra, M. A, M. Phil, Ph. D. tentang pembelajaran emansipatoris pendidikan Islam dalam buku Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis data kualitatif yaitu data yang tidak bisa dinilai dengan angka secara langsung. Dalam hal ini yang akan diuraikan adalah pemikiran Prof. Azyumardi Azra, M. A, M. Phil, Ph. D. tentang pembelajaran emansipatoris pendidikan Islam dalam buku Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III dan implementasi pembelajaran emansipatoris pendidikan Islam di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut Azyumardi Azra mencakup beberapa karakter yang menjadi pijakan untuk menghadirkan pembelajaran emansipatoris pendidikan Islam yaitu sebagai berikut: pertama pendidikan Islam yang mampu menghadirkan dimensi kemanusiaan, yang kedua pendidikan Islam yang mendorong kebebasan berpikir yang bertanggung jawab dan dialog, yang ketiga pendidikan Islam yang mendorong demokrasi, yang keempat pendidikan Islam yang mampu mendorong ke arah perubahan dan implementasi pembelajaran emansipatoris pendidikan Islam di sekolah adalah kurikulum 2013 yang digunakan pada masa sekarang ini. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan beberapa metode. Pertama adalah diskripsi dimaksudkan untuk menjelaskan dan menggambarkan pemikiran Prof. Azyumardi Azra, M. A, M. Phil, Ph. D. tentang pembelajaran emansipatoris pendidikan Islam dalam buku Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III. Kedua adalah induksi deduksi, agar penjelasan lebih memahamkan maka dimulai dari hal umum ke khusus atau khusus ke umum. Ketiga adalah content analysis, dimaksudkan agar diperoleh analisis yang mendalam terkait pemikiran Prof. Azyumardi Azra, M. A, M. Phil, Ph. D. tentang pembelajaran emansipatoris pendidikan Islam dan implementasi pembelajaran emansipatoris pendidikan Islam di sekolah. Pendidikan Islam secara ideal berfungsi membina dan menyiapkan peserta didik yang berilmu, berteknologi, berketrampilan tinggi dan sekaligus beriman dan beramal saleh. Dalam kerangka perwujudan fungsi idealnya untuk peningkatan kualitas peserta didik tersebut, pembelajaran pendidikan Islam perlu diperbaharui, apalagi untuk menghadapi tantangan di tengah perubahan era global dan globalisasi dengan mengubah paradigma pembelajaran yang lama ke paradigma baru yaitu paradigma pembelajaran emansipatoris. Teknologi informasi dan komunikasi yang kini ada dan juga terus berkembang semakin memungkinkan peserta didik untuk mengakses sendiri beragam sumber belajar. jika guru atau tenaga pengajar tetap ingin memainkan peran sentral dalam proses pembelajaran, mereka haruslah melakukan perubahan atau sedikitnya penyesuaian dalam paradigma, strategi, pendekatan dan teknologi pembelajaran. Jika tidak, tenaga pengajar akan kehilangan makna kehadiran dalam proses pembelajaran dan tujuan dari pembelajaran emansipatoris pendidikan Islam adalah pendidikan Islam yang mengantarkan pesera didik menjadikan peserta didik menjadi kreatif, kritis, memiliki rasa percaya diri, mandiri, pembelajaran menjadi lebih dinamis dan fungsional dalam menjawab tantangan dunia pendidikan di era globalisasi sekarang ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : H. Mufid,M.Ag. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 04:28 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 04:28 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3542 |